Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

20 Fakta Unik tentang Patung Liberty

20 Fakta Unik tentang Patung Liberty - Pada Hari Ulang Tahun Amerika Serikat, tepatnya 4 Juli 2013, Patung Liberty akhirnya kembali dibuka. Patung kebanggaan dan atraksi wisata terkenal di New York ini ternyata memiliki banyak fakta unik.


Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari Telegraph:

1. Nama asli patung ini adalah Liberty Enlightening the World.
2. Patung ini merupakan pemberian dari Prancis untuk Amerika pada 1886.
3. Patung Liberty adalah seorang figur perempuan yang melambangkan Libertas, Dewi Kebebasan dari Romawi.
4. Patung ini memegang obor dan sebuah tablet yang bertuliskan tanggal deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat, yaitu 4 Juli 1776.
5. Patung ini memiliki tinggi 93 meter, dengan berat 204 meter. Untuk mencapai puncaknya, pengunjung harus memanjat 354 anak tangga.
6. Dari mahkota Patung Liberty, wisatawan dapat melihat panorama Kota New York. Di mahkota ini terdapat 25 jendela.
7. Patung Liberty dikunjungi sekira 4 juta wisatawan setiap tahunnya. Bila dibandingkan, patung ini cukup sejajar statusnya dengan Menara Eiffel yang dikunjungi 6 juta wisatawan dan London Eye yang dikunjungi 3,5 juta turis setiap tahun.
8. Patung Liberty berada di Pulau Liberty, di pesisir New York. Kapal ferry yang mengantarkan pengunjung ke pulau ini gratis, lho!
9. Patung ini kerap muncul dalam film-film terkenal, seperti Planet of teh Apes, Independence Day, dan The Day After Tomorrow. Bahkan, patung ini sering menjadi sasaran penghancuran alien dalam film.
10. Pada 1984, Patung Liberty menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.
11. Sejak dibangun, Patung Liberty tercatat sudah 600 kali tersambar petir.
12. Patung ini juga pernah menjadi tempat bunuh diri. Sudah dua kali ada orang yang melompat dari patung ini dan tewas, yaitu pada 1929 dan 1932. Beberapa mencoba melompat namun selamat.
13. Karena populernya, banyak terdapat replika patung Liberty, seperti di Paris dan Las Vegas.
14. Sejak awal dibangun pada 1886 hingga 1902, patung ini berfungsi menjadi mercusuar, yang dapat memandu kapal-kapal hingga 24 mil.
15. Tahun ini, Patung Liberty akan berulang tahun yang ke-127.
16. Patung ini beberapa kali sempat ditutup. Di antaranya setelah serangan 11 September 2001, dan baru dibuka kembali tiga tahun kemudian pada 2004 dan dibuka sepenuhnya pada 2009. Kemudian pada 2012, patung ini kembali ditutup karena Badai Sandy, dan baru dibuka kembali pada HUT AS 4 Juli 2013.
17. Patung ini mengalami kerusakan kecil saat Perang Dunia I karena serangan Jerman. Tangga menuju obornya rusak parah, dan ditutup untuk umum sejak saat itu.
18. Hingga kini, tak ada pengunjung yang bisa mencapai obor patung ini.
19. Kapal pribadi tidak diperbolehkan merapat di pelabuhan Pulau Liberty, tempat patung ini berdiri. Satu-satunya jalan untuk mencapainya adalah dengan kapal ferry.
20. Bila ada angin kencang dengan kecepatan 50 meter per jam, maka Patung Liberty dapat bergoyang sejauh 3 inci, sementara obornya bergerak 5 inci.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : 20 Fakta Unik tentang Patung Liberty