Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Inilah Penyebabnya Kenapa Cuaca tetap Hujan Meskipun sudah Memasuki Musim Kemarau

Inilah Penyebabnya Kenapa Cuaca tetap Hujan Meskipun sudah Memasuki Musim Kemarau. Cuaca sejumlah wilayah di Tanah Air akan terus dirundung mendung dan hujan. Meski memasuki musim kemarau, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan pertumbuhan awan akan terus tinggi dan membuat curah hujan juga tinggi.


"Boleh dikatakan ini musim kemarau basah," kata Kepala Sub Bidang Informasi Meteorologi Hary Tirto Djatmiko bercerita kepada Okezone, Jumat (5/7/2013).

Kemarau basah ini, sambung Hary, bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah suhu perairan di Indonesia yang hangat. "Kalau hangat, uap air untuk hujan masih banyak atau besar," katanya.

Lalu, tambah Hary, angin musiman dari Australia lemah, sehingga tidak mendorong kumpulan awan dengan baik. "Serta adanya masa udara dari Samudra Hindia barat ke Indonesia barat," paparnya.

Dia juga menambahkan, hujan di musim kemarau ini terjadi lantaran adanya pula daerah pusaran angin, daerah tekanan rendah di Samudra Hindia sebelah barat Lampung dan palung tekanan yang rendah yang memanjang dari Lampung, Jawa bagian Barat hingga Kalimantan.

"Kondisi demikian mendukung peningkatan aktifitas pertumbuhan awan-awan hujan, sehingga potensi hujan besar," ujarnya.

Hary mengatakan, cuaca seperti ini diperkirakan akan terjadi hingga tiga hari ke depan dengan suhu udara 23-30 derajat. "Tiga hari ke depan potensi hujan masih didominasi intensitas ringan dan sedang," paparnya.

Fenomena hujan di kemarau diperkirakan akan terjadi di wilayah Sumatera bagian selatan, Kalimantan, Jawa, Sulawesi bagian tengah dan selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sejumlah wilayah bahkan diprediksi berpotensi hujan lebat disertai angin kencang seperti Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur bagian timur dan selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Maluku Utara bagian selatan dan Maluku.

sumber

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Inilah Penyebabnya Kenapa Cuaca tetap Hujan Meskipun sudah Memasuki Musim Kemarau