Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Misteri Penyebab Kematian Kosmonot Yuri Gagarin Akhirnya Terungkap

Misteri Penyebab Kematian Kosmonot Yuri Gagarin Akhirnya Terungkap. Pagi hari tanggal 12 April 1961, Kosmonot Uni Soviet, Yuri Gagarin dengan menggunakan Vostok 1 meluncur dan menjadi manusia pertama yang pergi ke luar angkasa. Ia berada di luar angkasa selama lebih kurang 108 menit untuk kemudian kembali ke Bumi dengan parasut dan mendarat di wilayah Saratov, Uni Soviet. Saat itu usia Yuri Gagarin baru 27 tahun. Dengan keberhasilannya itu ia diangkat menjadi direktur dari pusat pelatihan kosmonot Uni Soviet dan bersiap untuk melakukan penerbangan berikutnya. Namun tragis, ia tewas ketika sebuah pesawat MiG-15 yang dipilotinya jatuh pada 27 Maret 1968.


Teka-teki penyebab kematian Yuri Gagarin telah lama menjadi misteri dan kontroversi dengan banyaknya teori yang bermunculan. Dan setelah 45 tahun berselang, penjelasan rinci penyabab kematian dirinya telah diketahui dengan pasti.

Pesawat Su-15 Fighter. Image credit: Wikipedia Commons
Astronot wanita pertama dunia, Valentina Tereshkova sedang berbincang dengan mantan kosmonot Aleksey leonov pada acara peringatan 50 tahun keberhasilan Yuri Gagarin tahun 2011 lalu. Klik gambar untuk memperbesar. Image credit: NASA
Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh website Russia Today (RT.com), mantan kosmonot Uni Soviet Aleksey Leonov mengungkapkan penyebab tewasnya Yuri Gagarin dan rekannya Vladimir Seryogin pada tahun 1968. Leonov mengatakan bahwa Yuri Gagarin dan Vladimir Seryogin berusaha untuk menghindari benda asing saat latihan penerbangan pesawat MiG-15UTI. Dan benda asing yang dimaksud bisa apa saja seperti burung, balon udara, dan sebagainya. Manuver yang dilakukan oleh Gagarin dan rekannya tersebut menyebabkan pesawat menjadi berputar-putar tak terkendali. Namun apakah hanya itu penyebabnya?? tampaknya ada faktor lain yaitu  adanya pesawat Su-15 Fighter yang terbang terlalu dekat dengan pesawat MiG-15 yang ditumpangi Gagarin. Hal itu menyebabkan penerbangan pesawat terganggu dan pesawat menjadi berputar-putar pada kecepatan 750 km per jam dan itu menyebabkan Gagarin kehilangan kontrol pesawatnya yang akhirnya jatuh. Pilot pesawat Su-15 yang dikatakan sebagai penyebab kecelakaan itu kini masih hidup namun namanya dirahasiakan.

Astronot wanita pertama dunia, Valentina Tereshkova mengatakan "Satu-satunya penyesalan yaitu butuh waktu lama sampai kebenaran ini dapat terungkap, tapi akhirnya kami bisa tenang," ungkapnya.

sumber

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Misteri Penyebab Kematian Kosmonot Yuri Gagarin Akhirnya Terungkap