Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Inilah Alasan Maskapai Garuda Larang Jemaah Membawa Zamzam Sendiri

Inilah Alasan Maskapai Garuda Larang Jemaah Membawa Zamzam Sendiri - Meskipun sudah ada jatah tersendiri, ternyata masih banyak jemaah haji Indonesia yang membawa air zam-zam secara sembunyi-sembunyi. Seperti dilansir vivanews, Ratusan botol dan jerigen berbagai ukuran yang berisi air zamzam disita dari koper jemaah haji Indonesia. Botol-botol itu menggunung di depan kantor kargo Garuda Indonesia. Maskapai pelat merah ini punya alasan sendiri kenapa melarang jemaah membawa zamzam sendiri.

air zam-zam
Pemeriksaan Air Zam-zam
Unit Corporate Security Garuda Indonesia Cecep Ramdani menuturkan, meski kandungan air zamzam aman, namun dari sisi keselamatan penerbangan bisa membahayakan. "Bukan kami tidak suka jemaah membawa air zamzam, tetapi prosedurnya salah sebab mereka kan sudah dapat jatah," kata Cecep di kantor kargo Garuda Indonesia di daerah Mahdinatul Hujaj, Jeddah, Sabtu 17 Oktober 2014.

Botol-botol atau jerigen yang diselipkan jemaah di koper biasanya dikemas tidak sesuai standar penerbangan, sehingga dikhawatirkan bocor. Inilah sebenarnya yang ditakutkan pihak maskapai. "Yang kita khawatirkan adalah yang ukuran besar dan kalau dibawa setiap jemaah bisa membahayakan keselamatan penerbangan juga," kata Cecep.

Kalau ukuran besar dan banyak, rembesan air zamzam dikhawatirkan bisa membasahi body pesawat, sehingga menimbulkan korosi (karat) atau terkena kabel-kabel listrik. "Ini yang dimaksud bisa membahayakan penerbangan, jadi sekali lagi bukan karena kita nggak suka jemaah bawa zamzam sendiri," kata dia.

Karenanya, Cecep mengimbau kepada seluruh jemaah haji Indonesia yang pulang dengan maskapai Garuda Indonesia agar menaati aturan tidak membawa zamzam. "Garuda sudah menyiapkan zamzam buat jemaah, satu jemaah lima liter," kata dia.

Cecep mengakui soal bawaan jemaah ini, khususnya zamzam, merupakan problem klasik yang terus berulang dari tahun ke tahun. Karenanya ia mendukung upaya petugas dari Kementerian Agama yang sengaja mengambil gambar tumpukan zamzam di kargo Garuda.

"Sepertinya foto itu untuk menyampaikan pesan kepada jemaah di Mekah agar tidak usah membawa zamzam karena akan disita, juga menyusahkan petugas, memperlambat pengiriman koper. Intinya akan menyusahkan semua, baik jemaah sendiri maupun petugas," kata Cecep.

Jangan sampai karena nekat membawa zamzam, begitu koper sampai di kargo terpaksa harus dibongkar. Selain memakan waktu, proses penerbangan juga bisa terhambat dan memicu delay.

Sebelumnya Unit Haji Garuda Taufik Hidayat menuturkan dari ratusan botol zamzam yang disita petugas, nyaris seluruhnya berasal dari koper-koper jemaah Embarkasi Solo. Hingga Sabtu sore, Garuda sudah memeriksa koper dari sembilan kloter di embarkasi ini.

Kepala PPIH Bidang Perlindungan Jemaah Ahmad Riad S meminta jemaah menaati aturan dalam penerbangan agar jadwal keberangkatan ke tanah air tidak terganggu. Dan, jemaah jangan coba-coba mengelabui petugas.

"Serapi apapun kemasannya, air zamzam yang masuk dalam tas atau koper pasti akan terlihat saat masuk x-ray," kata dia. Dalam pemeriksaan x-ray, air zamzam mudah dikenali karena cairannya akan terlihat lebih pekat dibandingkan air biasa. Ini karena kandungan mineral dalam air tersebut sangat tinggi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Inilah Alasan Maskapai Garuda Larang Jemaah Membawa Zamzam Sendiri