Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

5 Keris Pusaka Indonesia Yang Melegenda

Serunik.com - 5 Keris Pusaka Indonesia Yang Melegenda merupakan keris yang memiliki keistimewaan. Indonesia banyak memiliki cerita-cerita dari kerajaan-kerajaan pada zaman dahulu kala dan banyak pula terbagi dari aneka ragam budaya, suku ,ras serta keyakinan yang sering terlontar dari ucapan masyarakat ke masyarakat sekarang.

Lalu dari cerita ke cerita akhirnya bertahan sampai saat ini tentang Keris pustaka punya indonesia. Memang sudah sewajarnya untuk melestarikan cerita-cerita legenda semacam ini agar tidak hilang dan anak serta cucu sebagai peneruspun bisa mengetahui apa yang telah terjadi sebelum kelahirannya. Berikut 5 Misteri Keris Pusaka Indonesia Yang Melegenda.

1. Keris Pusaka Empu Gandring



Keris ini di yakini sebagai sejarah berdirinya Singasari. Kerajaan Singasari adalah kerajaan yang bertempat di kota Malang. Ken Arok adalah orang yang memesan keris ini dan Keris tersebut di buat oleh Empu Gandring. Ken arok meminta kepada Empu Gandring agar membuat keris itu dalam satu malam., Berkat kesaktian Empu Gandring keris tersebut jadi dan memiliki kesaktian. Namun setelah keris tersebut jadi Ken Arok pun membunuh Empu dengan keris tersebut dan sebelum mati Empu berpesan bahwa keris tersebut akan membunuh keluarga Ken Arok dan raja dari Singasari itu sendiri. Dan ternyata semua benar terjadi.


2. Keris Pusaka Nagasasra Dan Sabuk Inten



Ini adalah 2 keris peninggalan dari Raja Majapahit. Keris Nagasasra ini terbuat dari bilah yang di beri emas dan nama Nagasasra di beri karena memiliki dapur yang berjumlah tiga belas luk. Keris ini di rancang oleh Raja sendiri yang banyak menggunakan emas. Selain Raja masih ada satu orang yang di hidupnya di ahir zaman Kerajaan Majapahit yang ahli dan sangat bagus menciptakan keris Nagasasra yaitu Empu Ki Nom.


3. Keris Pusaka Kyai Condong Campur



Keris ini adalah keris peninggalan Majapahit yang sangat melegenda. Keris ini di buat dengan seratus empu yang memiliki watak jahat. Munculnya keris ini juga mengisahkan suatu peperangan antar keris yaitu Keris Sabuk Inten yang merasa terganggu adanya Keris Condong Campur ini dan terjadi peperangan yang hasilnya Keris Sabuk Inten Kalah. Namun mendengar kekalahan sabuk inten, Keris Sangkelat pun merasa tertekan hingga akhirnya melawan Keris Condong Campur ini dan hasilnya Condong Campur pun kalah dan meleset ke angkasa berupa komet dan akan turun kembali ke bumi 500 tahun untuk membuat kerusakan.


4. Keris Pusaka Setan Kober



Keris ini du buat oleh murid Sunan Ampel yaitu Empu Supo. Empu Supo juga pembuat keris yang terkenal seperti Keris Kyai Sangkelat yang di buatnya pada awal kerajaan Demak Bintaro dan di wariskan kepada Arya Penangsang. Keris Pusaka Setan Kober ini adalah keris yang memiliki hawa panas yang akan membuat orang yang memegangnya akan cepat mencapai tingkat kemarahan. Begitu juga dengan Arya yang mewarisi Keris Setan Kober ini yang memiliki sifat cepat pemarah dan keris ini juga yang di gunakan ketika melawan Sutawijaya yang memiliki senjata Tombak Kyai Pleret. Di balik itu semua keampuhan keris ini belum di ketahui kenapa bisa menciptakan hawa marah dan tingkat emosi yang tinggi ketika di gunakan. Ada beberapa alasan yang mengatakan bahwa keris ini adalah keris yang sudah banyak membunuh petinggi-petinggi kerajaan.


5. Keris Pusaka Kyai Sengkelat



Keris Sengkelat adalah keris yang di ciptakan pada 1466-1478 di kerajaan Majapahit. Asal terciptanya keris ini adalah ketika Sunan Ampel sedang bermunajat dan dan menemukan besi yang di percaya hasil peninggalan Nabi Muhammad. Lalu besi tersebut di berikan kepada Empu Supa yaitu murid Sunan Ampel. Empu Supa pun disuruh menjadikan besi itu sebagai pedang namun kata Empu Supa sayang jika di jadikan pedang lalu dia menjadikan besi tersebut menjadi sebuah keris berluk tiga belas. Setelah selesai mpu supapun memberikan keris tersebut kepada Sunan Ampel, namun Sunan Ampel kecewa karena dia menyuruh membuatkan menjadi pedang bukan keris. Lalu keris tersebut di berikan kepada Prabu Brawijaya V oleh Sunan Ampel.

Ketika Prabu Brawijaya V menerima keris itu dia sangat terkesan dengan kehebatan dari keris itu dan di jadikan sebagai maskot kerajaan. Tak lama, Kehebatan keris itu terdengar oleh Adipati Blambangan dan menyuruh pasukannya untuk mencuri keris tersebut demi kejayaan Kerajaan Blambangan dan berhasil. Setelah berhasil di curi Prabu Brawijaya V pun mengutuskan Empu Supa kembali untuk merebut keris tersebut dan berhasil tanpa perlawanan dan berkat kecerdikan dari Empu Supa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : 5 Keris Pusaka Indonesia Yang Melegenda