Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Mantra Sihir 1.300 Tahun ini Diyakini Punya Kekuatan Gaib

Serunik.com - Zaman dahulu kala memang penuh dengan hal-hal mistik. Selama berabad-abad, masyarakat kuno Mesir telah mempercayai adanya mantra untuk menghancurkan roh jahat. Tidak hanya itu, mereka juga menggunakan mantra sihir untuk meraih sukses dan memiliki kekuatan dalam bekerja.

Kini, kumpulan mantra dan doa itu telah berada di perpustakaan Macquarie University. Koleksi buku sihir itu dipercaya telah berusia 1.300 tahun. Ilmuwan di universitas tersebut telah menguraikan mantra dan doa di dalamnya.

Mantra dan doa yang terdapat dalam buku sihir itu dituliskan dalam bahasa yang sudah punah, yaitu Coptic. Itu adalah huruf dan angka yang terdiri dari campuran bahasa Kristen Ortodox dan Sethianisme.

Di dalamnya ada tulisan yang menyebut 'Yesus' namun ada juga yang menyebut 'Seth, Kristus yang masih hidup'. Sethian sendiri merupakan sekte Gnostic Kristen yang ditemukan di sepanjang wilayah Mediterania, pada saat naskah kuno itu ditulis.

Para pemuja sekte itu diidentifikasi sangat memuja Seth, anak ketiga dari Adam dan Hawa.
Di dalam naskah itu juga disebut-sebut nama Bakiotha yang merujuk pada 'Tuhan dari 49 jenis ular, dan merupakan nama yang digunakan untuk memanggil Kristus.



Salah satu mantra ditujukan untuk kristus, "Saya memanggilmu hari ini, Bakhiota, Yang Maha Terpercaya di atas segalanya, bahkan di antara sembilan generasi lain. Datanglah dan dengarkan kami hari ini".

Macquarie University mendapatkan naskah kuno setebal 20 halaman ini dari toko antik pada 1981. Diperkirakan, pemiliknya adalah seorang laki-laki pemuja sihir. Sayangnya, tidak diketahui identitas pemilik buku itu. Ukuran buku itu sekitar 23 sentimeter dan dibuat dari kertas kulit (perkamen).

Terjemahan naskah ini dilakukan oleh profesor dari Macquarie, Malcolm Choat dan Iain Gardner. Terjemahannya telah dipublikasikan dalam buku bertajuk A Coptic Handbook of Ritual Power.

"Jika dilihat dari dialek dalam buku ini, kemungkinan besar asalnya dari wilayah kota kuno Hermopolis. Lokasinya berdekatan dengan desa kecil El-Ashmunein," tulis para peneliti itu, seperti dikutip Live Science, Senin 24 November 2014.

Di dalamnya tidak hanya terdapat teks mantra tapi juga dilengkapi dengan gambar dan diagram. Digunakan untuk menyembuhkan diri dari roh jahat atau lainnya, dan juga untuk memberikan kesuksesan, cinta dan bisnis yang lancar.

Coptic sendiri merupakan bahasa wilayah Utara Afro-Asia yang digunakan juga di Mesir pada abad ke-2 sampai ke-17. Bahasa ini juga berkaitan dan terinspirasi dari naskah Hiroglif.

Naskah kuno ini telah ditempatkan di Museum of Ancient Cultures di University of Macquarie.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Mantra Sihir 1.300 Tahun ini Diyakini Punya Kekuatan Gaib