Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Inilah Kronologis Tragedi Penyanderaan di Sydney, Australia

Serunik.com - Berita menggemparkan terjadi di Sydney, Australia yaitu tentang penyanderaan yang di duga di lakukan oleh anggota militan ISIS. Australia sudah sejak lama dibidik untuk dijadikan lokasi serangan teror oleh kelompok militan. Oleh sebab itu, sejak beberapa bulan lalu, Pemerintah Australia getol merazia di beberapa negara bagian, termasuk Sydney.


Namun, tidak ada yang menduga pelaku akan menyandera korban di sebuah lokasi di pusat kota Sydney.

Harian Daily Telegraph, Senin, 15 Desember 2014, melansir kendati beberapa jam sebelumnya terdapat penangkapan terhadap seorang pria yang diduga terkait kelompok Islamic State of Iraq and al Sham (ISIS), namun masih belum dipastikan apakah hal tersebut berkaitan. 

Berikut kronologi kejadian penyanderaan itu yang diperoleh dari Daily Telegraph Australia:

Pukul 09.30-09.45 : Seorang wanita diketahui melaporkan seorang pria yang mencurigakan. Pria tersebut membawa sebuah tas dengan senjata di dalamnya dan berjalan menuju ke Kafe Lindt

Pukul 09.45 : Polisi menerima panggilan pertama mengenai pria bersenjata yang berada di sebuah kafe di Gedung Martin Place

Pukul 09.50 : Berita pertama muncul mengenai keberadaan pria bersenjata di dalam sebuah kafe.

Pukul 09.45-10.00: Polisi mulai berdatangan dan terlihat berada di sekitar Gedung Martin Place. Mereka menurunkan berbagai unit, termasuk taktis strategi, sebab diperoleh informasi, pelaku terkait jaringan kelompok teroris.

Pukul 10.00 : Gedung Martin Place dikosongkan, termasuk kantor stasiun berita Channel 7. Publik dilarang berada di sekitar area. Sementara stasiun kereta api ditutup.

Pukul 10.00 : Laporan menyebut terdapat sekitar 13 sandera dan dua pria bersenjata yang berada di dalam kafe. Beberapa sandera terlihat dipaksa untuk membentangkan bendera bertuliskan huruf Arab. Sementara sandera lain terlihat mengangkat tangan di atas kepala.

Pukul 11.00 : Semua bus yang menempuh rute ke arah Circular Quay dihentikan di Taman Hyde. Sementara layanan bus dialihkan ke lokasi lain. 

Pukul 11.30 : Perdana Menteri Tony Abbott mengeluarkan pernyataan berisi tawaran kepada Menteri Besar negara bagian New South Wales, Mike Baird, semua bantuan yang dibutuhkan.

Pukul 11.45 : Menteri Besar NSW, Mike Baird mengeluarkan pernyataan berisi rasa duka dan doa bagi anggota keluarga yang kini tengah disandera di Gedung Martin Place. Polisi NSW yang terlatih tengah menangani situasi tersebut.

Pukul 11.50 : Polisi mengeluarkan sebuah pernyataan yang meminta publik untuk tetap tenang dan mengingatkan mereka bahwa polisi tengah menangani situasi tersebut

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Inilah Kronologis Tragedi Penyanderaan di Sydney, Australia