Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Cara Mudah Membedakan Batu Mulia (Batu Akik) Asli atau Palsu

Serunik.com - Cara Mudah Membedakan Batu Mulia (Batu Akik) Asli atau Palsu. Seiring dengan berkembangnya tren batu mulia atau batu akik sekarang ini, harga-harga batu akik yang dulunya murah meriah saat ini harganya sudah mahal dan super mahal sekali karena terbukti ada harga batu akik yang harganya puluhan hingga ratusan juta rupiah. Melambungnya harga batu akik ini ternyata dimanfaatkan oleh sebagian orang yang ingin membuat batu akik tiruan atau palsu dengan harapan bisa mendapatkan untung besar.


Lalu bagaimana cara membedakan batu akik asli atau batu akik palsu ?. Nah kali ini Serunikcom akan menjelaskan pada Anda bagaimana cara mudah membedakan batu akik itu palsu atau batu akik asli. Simak selengkapnya berikut ini.

Cara Mudah Membedakan Batu Mulia (Batu Akik) Asli atau Palsu


1. Coba ditempelkan di pipi.
Jika Batu di letakkan di tempelkan di pipi, terasa dingin insyallah batu itu asli. jika cepat menghangat bagai mana ? : setiap benda yang kita pegang pasti akan berubah hangat karena hantaran suhu badan kita, untuk batu akik, jika kita pegang akan lama hangat bahkan selalu terasa dingin dan akan cepat mendingin. “jika di tempelkan di pipi terasa dingin” (untuk Jenis batuan chalcedony dan kristal)

2. Coba dibakar dengan api
Jika di sulut dengan api putung rokok atau di bakar dengan korek api, maka tidak akan ada perubahan warna gosong atau titik meleleh pada batu, setelah lama di bakar atau di sulut pasti akan menghasilkan cairan minyak berwarna cokelat, nah jika ASLI ketika di usap maka cairan tersebut akan hilang dan tidak berbekas atau menempel kuat dibatu, jika palsu meski di olesi air atau minyak untuk menghikangkan, bekasnya tidak akan hilang. “Jika di bakar atau di sulut api rokok / korek tidak meninggalkan bekas bakar yang aneh” hal tersebut tidak berlaku pada jenis batu akik jenis kapur dan fosil, karena jenis tersebut sudah tentu jenis batuan akik lunak dan jika di bakar pasti hancur dan usang. Meski dibakar dengan sulut rokok, korek/mancis batu akan panas dan kembali cepat mendingin, beda dengan kimia plastik atau kaca buatan, yang akan cukup lama menyimpan hangat atau panas.

3. Lihat serat di dalam batunya
Jika asli serat dalam batu terlihat seperti retak-retak dan motif alami, karena jarang sekali kita jumpai batu mulia akik dengan mulus tanpa serat. anda pasti bisa membedakannya buatan alam dan manusia. Batu Natural akan selalu memiliki serat baik fisik dalam sperti retakan atau serat es garis2 retak dll, TIDAK ADA BATU ALAMI NATURAL MULUS TANPA SERAT. itu adalah salah satu ciri sendimen bentukan mineral batuan bumi.

4. Coba gosok ke kaca
Jika batu akik yang palsu , maka akan terasa licin bila digosokkan . Jika batu akik yang anda miliki terasa kasar saat di gosokkan ke kaca , bisa diapastikan bahwa batu akik yang anda miliki adalah asli.

Itulah beberapa cara untuk membedakan batu akik asli atau palsu yang bisa Anda lakukan. Dari penjelasan diatas, mulai sekarang Anda bisa teliti batu akik yang sekarang Anda pakai, kira-kira asli atau palsu. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Cara Mudah Membedakan Batu Mulia (Batu Akik) Asli atau Palsu