Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Misteri Kapal Hantu Tanpa Awak & Penumpang Mary Celeste (Amazon)

Serunik.com - Misteri Kapal Hantu Tanpa Awak & Penumpang Mary Celeste (Amazon)Pada tahun 1861, Joshua Dewis bersama mitranya William Henry Bigalow telah berhasil membuat sebuah kapal layar jenis square rigged yang cukup besar dengan nama "Amazon". 

Setelah beberapa tahun mengarungi lautan, kapal layar Amazon kandas diterjang badai di Glace Bay-Nova Scotia pada tahun 1867. Kemudian pada tahun 1868, kapal layar Amazon diperbaiki dan dibeli oleh James H. Winchester, Kapten Benjamin Spooner Briggs, Sylvester Goodwin dan Daniel T. Sampson.

Dan saat itu pula, kapal layar Amzon berganti nama menjadi "Mary Celeste" yang terdaftar resmi menjadi kapal layar berbendera Amerika.

Kisah misteri Mary Celeste sebagai kapal hantu ini dimulai ketika kapal layar ini berangkat berlayar pada tanggal 5 November 1872, dibawah komando Kapten Briggs, dari pelabuhan New York City's East River menuju Italia.

Kapal ini mengangkut kargo 1.701 barel alkohol atas nama Meissner Ackermann & Co. dengan nilai $ 35.000 dan diasuransikan sebesar $ 46.000.

Kapal ini ditemukan pada 4 Desember 1872 oleh kapal Dei Gratia sedang dalam keadaan kosong tanpa ada penumpang satupun. Tidak ada tanda-tanda telah terjadi perompakan. Semua barang terlihat utuh rapi termasuk barang-barang berharga. Satu-satunya petunjuk yang tak berarti adalah catatan terakhir Kapten Kapal Benjamin S. Briggs. Didalamnya hanya tertulis cuaca tampak buruk dan mungkin akan terjadi badai sebentar lagi.

Yang menjadi pertanyaan hingga saat ini adalah kemana semua penumpang kapal layar Marry Celeste? Andaikan terjadi badai yang hebat kenapa barang2 yang ada tidak berantakan? Masih tetap rapi pada tempatnya. Di sana juga sempat ditemukan sebotol obat yang telah dibuka tutup botolnya dan masih utuh tanpa adanya bekas-bekas tumpahan.

Lebih aneh lagi kapal ini ditemukan (tanpa ada seorang pun didalamnya), tetap pada jalur pelayarannya yang benar dan telah meninggalkan pelabuhan New York City's East River sejauh kurang lebih 600 miles jauhnya. 

Kemana semua awak kru dan penumpang kapal layar Mary Celeste? Apa yang membuat kapal layar tanpa awak tersebut tetap pada jalur pelayaran yang benar setelah jauh dari pelabuhan asalnya?



Inilah daftar awak kru dan penumpang kapal layar Mary Celeste yang hilang tersebut:


Liputan koran tentang hilangnya Kapten Benjamin S. Briggs beserta awak kru dan penumpangnya:


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Misteri Kapal Hantu Tanpa Awak & Penumpang Mary Celeste (Amazon)