Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

10 Bangunan di Dunia yang Paling Menakjubkan

10 Bangunan di Dunia yang Paling Menakjubkan - Dunia ini memiliki berbagai macam bangunan yang menunjukkan budaya arsitektur dari setiap negara. Dari bangunan kuno yang tersebar di Italia sampai bangunan teknologi tinggi di China, setiap bangunan dan strukturnya memiliki sejarah yang unik dibalik pembangunannya. Manusia sudah membangun berbagai bangunan tinggi sejak jaman piramid Giza atau bangunan di Pompeii.

Seperti dilansir dari laman lolwot.com, Selasa (14/4/2015), berikut adalah bangunan-bangunan terbaik di dunia. (Ikr/Liz):

1. Taj Mahal, Agra, India


Mendapat gelar World Heritage Site dari UNESCO tahun 1983 lalu. Sejarah menceritakan bangunan ini dibuat oleh kaisar Shah Juhan untuk mengenang almarhum istrinya, Mumtaz Muhal. Bangunan ini selesai dibangun tahun 1653. Fokus pusat dari bangunan ini adalah kuburan Mumtaz Muhal. Saat Shah Juhan meninggal, ia dimakamkan di sebelah Mumtaz.

2. NiƱos Conarte, Monterrey, Mexico


Merupakan perpustakaan dengan struktur geometris di dalam yang menggambarkan geografi area sekitarnya. Bangunan ini merupakan Council untuk Culture and Arts of Nuevo Leon, dengan museum, kebun, taham hiburan dan auditorin mengelilingi Conarte. Lokasi area Ninos Conarte adalah Taman Fundidora yang selesai dibangun tahun 1900.

3. Colosseum, Roma, Italia


Salah satu bangunan paling dikenal di dunia, Colloseun menyimpan banyak budaya dan tradisi Roma. Diminta untuk dibangun pada tahun 70-72 Setelah Masehi oleh Kaisar Vespasian dari dinasti Flavian, Colleseum awalnya amphiteater tempat mengadakan berbagai pertunjukan bagi orang Roma era kuno seperti permainan, pertarungan antar hewan, dan pertarungan brutal antar gladiator. Kini Colloseum masih berdiri dan merupakan destinasi turis.

4. Sydney Opera House, Sydney, Australia


Sydney Opera House yang terletak di pelabuhan Sydney merupakan pusat pertunjukan yang dibuka pada tahun 1973. Mendapat gelar World Heritage Site dari UNESCO tahun 2007, setiap tahunnya Sydney Opera House menjadi tempat 1500 pertunjukan.

5. Metropol Parasol, Seville, Spanyol


Terletak di bagian kota tua di Seville, Spanyol di lapangan Encarnacion. Selesai dibangun tahun 2011, Meotropol Parasol merupakan bangunan dari kayu terbesar di Dunia dengan tinggi 26 meter dan 150 kali 70 m dalam panjang dan lebar. Bangunan ini membentuk enak jamur raksasa yang terinspirasi dari bagian depan Cathedral of Seville. Untuk membangunnya, diperlukan kayu pohon birch yang diimpor dari Finlandia, desainnya sempat dirombak karena dalam setengah pembangunan, ada keperluan penggunaan lem untuk menjaga struktur bangunan.

6. Guangzhou Opera House, Guangzhou, China


Merupakan pusat acara pertunjukan dan teater terbesar di China. Dibuka pada tahun 2010, rumah opera ini didesain oleh arsitek Irak Zaha Hadid yang merupakan wanita pertama pemenang Pritzker Architecture Prize. Dibangun selama lima tahun, strukturnya yang unik dikomposisikan dari granit dan bingkai baja yang dilapisi kaca.

7. Menara Miring Pisa, Italia


Sejak era medival Eropa, Menara Miring Pisa terkenal karena bentuknya yang tidak vertikal. Walau direncanakan untuk dibangun secara vertikal, keadaan tanah saat itu membuat fondasi menara ini goyah. Konstruksinya dimulai pada Agustis 1173 dan terus berlangsung selama dua abad. Merupakan salah satu dari empat menara yang melengkapi kompleks katedral di Pisa, Italia. Menara ini merupakan menara lonceng dan dibangun dengan marmer putih, sesuai estetika era itu.

8. Hagia Sophia, Istanbul, Turki


Merupakan gereja Yunani yang dibangun dari tahun 537 sampai 1453. Merupakan katedral Orthodok Timur, menjadi masjid imperial, dan kini menjadi museum. Kubah Hagia Sophia mendemonstasikan epitome arsitektur Byzantine yang mempengaruhi sejarah arsitektur di area. Pengaruh Islam bisa ditemukan di dalam struktur bangunan ini.

9. Turning Torso, Malmo, Swedia


Merupakan gedung pencakar langit tertinggu di Swedia, bahkan Skandinavia. Menara residensial The Absolute World di Ontario mengambil inspirasi dari Turning Torso. Menara ini tingginya 190 meter dan merupakan gabungan 147 apartemen, ditambah fasilitas gym, ruang lounge, spa, dan gudang wine. Didesain oleh arsitektur Spanyol Santiago Calatrava dan dibuka pada Agustus 2005. Desain Turning Torso didasarkan oleh patung manusia yang diciptakan Santiago Calatrava dengan judul sama. Salah satu ciri khas gedung ini adalah penghilangan Kockums Crane yang membuat siluet kota ini tidak ada duanya.

10. The Gardens By The Bay, Singapura


Merupakan salah satu dari 10 taman terbaik di dunia. Taman ini dibangun dan menjadi lokasi rekreasi outdoor bagi turis, selain menjadi simbol negara Singapura. Selesai dibangun tahun 2012, Gardens By The Bay dibagi menjadi tiga bagian; taman pusat, taman Timur dan taman Barat. Taman ini memiliki dua konservatori, Flower Dome dan Cloud Forest, namun fitur paling dikenalnya adalah Supertrees, struktur tinggi berbentuk mirip pohon yang tingginya 20-25 meter dan berfungsi sebagai taman vertikal. Supertrees memiliki versi ekologikal yang mirip pohon sungguhan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : 10 Bangunan di Dunia yang Paling Menakjubkan