Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Ikan Raksasa Seberat 1,5 Ton Ditemukan Nelayan Sulawesi

Ikan Raksasa Seberat 1,5 Ton Ditemukan Nelayan Sulawesi - Sebuah ikan raksasa seberat 1,5 ton ditemukan para nelayan di perairan Pantai Taman Ria, Teluk Palu, Sulawesi pada Selasa (28/4/2015) hari ini, ikan yang berukuran superjumbo nan langka tersebut adalah ikan mola-mola.


Ya, ikan mola-mola atau yang juga dikenal dengan nama Sunfish yang ditemukan ini diperkirakan punya berat 1,5 ton, dan punya panjang dua meter. Ikan mola-mola itu sebenarnya tidak ditangkap oleh para nelayan. Sebaliknya, ikan ini terdampar ke pesisir.

Merasa iba, para nelayan setempat sebenarnya berusaha menggiring ikan mola-mola ini kembali ke lautan, tapi ikan itu ternyata kembali lagi, dan dalam kondisi mati.

Ikan ini disebut Mola, karena berasal dari bahasa Latin "millstone" yang artinya "batu gerinda". Bentuk ikan ini memang menyerupai batu, dengan warna abu abu, tekstur kasar dan bentuk badan bulat.

Mola-mola adalah ikan bertulang terberat di dunia dengan berat rata-rata 2,2 ton. Bahkan yang lebih besar pernah tercatat dengan beratnya mencapai 5,1 ton.

Nama dalam bahasa Inggrisnya adalah ‘Sunfish’, karena ikan ini mempunyai kegemaran berjemur di terik matahari dipermukaan air laut.

Mola mola bisa berbahaya ketika mereka melompat keluar dari air, karena dalam beberapa kasus, mereka pernah melompat ke atas kapal, hingga membuat kerusakan serius pada kapal tersebut.

Tahun lalu, ikan jenis ini juga pernah ditemukan oleh nelayan di Palu. Hanya, dengan ukuran yang lebih kecil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Ikan Raksasa Seberat 1,5 Ton Ditemukan Nelayan Sulawesi