Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Asal-usul Cerita Dibalik Fenomena Blue Moon

Asal-usul Cerita Dibalik Fenomena Blue Moon - Pernahkah Anda mendengar fenomena terjadinya "Blue Moon". Sebenarnya apa itu Blue Moon dan bagaimana asal-usulnya ?. Fenomena alam langka yang disebut Blue Moon menghiasi langit pada 31 Juli 2015. Menggunakan istilah Blue Moon, bukan berarti bulan menjadi berwarna Biru, meskipun ada kemungkinan itu terjadi.

Asal-usul Cerita Dibalik Fenomena Blue Moon

Blue Moon sendiri diartikan sebagai bulan purnama kedua yang terjadi pada bulan yang sama. Istilah Blue Moon yang digunakan saat ini bermula saat seorang penulis melakukan kesalahan. Menurut Philip Hiscock, folklorist di Memorial University of Newfoundland, ungkapan Blue Moon itu merupakan makhluk dari cerita rakyat.

Melansir laman Space, (1/8/2015), Hiscock mencoba mencari tahu istilah Blue Moon itu berasal. Dulu, istilah itu digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang tidak masuk akal. Pada 1946, astronomi amatir James Hugh Pruett (1886-1955) menulis dalam majalah Sky & Telescope. Pruett membuat asumsi salah dalam Maine Farmers Almanac, yang secara konsisten menggunakan Blue Moon untuk mengartikan bulan ketiga penuh dalam satu musim dari empat bulan purnama yang terjadi.

Akan tetapi Hiscock dan astonom Texas Donald W. Olson membantu majalan keluar dari kekeliruan dan mengakui kesalahan yang terjadi. Kesalahan itu menyebabkan definisi Blue Moon sebagai bulan purnama kedua dalam bulan yang sama. Blue Moon sendiri dilaporkan terjadi sekira setiap 2,7 tahun.

Blue Moon ini dilaporkan terjadi pada 31 Juli 2015, setelah bulan purnama pertama muncul pada 1 Juli 2015. Meskipun, Bulan untuk menggambarkan Blue Moon ini tidak berwarna biru, apakah Bulan tersebut tak menutup kemungkinan berubah warna menjadi biru? Jawabannya, bisa.

Menurut ilmuwan, Bulan akan berwarna biru saat ada kebakaran hutan atau letusan gunung berapi yang dikarenakan asap atau abu naik ke atmosfer.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Asal-usul Cerita Dibalik Fenomena Blue Moon