Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Wow, Ilmuwan Temukan Tulang Manusia Berusia 4.000 Tahun

Wow, Ilmuwan Temukan Tulang Manusia Berusia 4.000 Tahun - Mungkinkah ada manusia tertua berumur 4.000 tahun ?. Baru-baru ini tim arkeologi dari University of Reading di Inggris, berhasil menemukan kerangka manusia yang diperkirakan berusia sekira 4.000 tahun. Ilmuwan menemukan kerangka tersebut di sekitar situs prasejarah Stonehenge.

manusia tertua berumur 4000 tahun

Kerangkat manusia tertua tersebut ditemukan di wilayah Vale of Pewsey, Wiltshire. Diperkirakan tulang belulang itu adalah milik seorang remaja yang hidup di zaman perunggu (Bronze Age).

Ketika ditemukan, bentuk kerangka terlihat seperti janin. Antara lain seperti badan yang membungkuk, lengan yang disilangkan ke dada, kaki ditarik ke atas, dan posisi kepala yang sedikit ke kanan.

Ilmuwan masih meneliti identitas serta kira-kira apa penyebab pemuda tersebut meninggal. Mereka berharap dapat memperoleh data lebih banyak yang mungkin bisa mengantarkan pada pemahaman mengenai kehidupan di wilayah Wiltshire pada zaman perunggu.

“Kerangka adalah penemuan yang indah dan akan membantu memberitahu kita mengenai kehidupan di sekitarnya. Kami berharap mendapatkan pemahaman lebih jauh mengenai misteri kehidupan di sekitar Stonehenge,” kata tim arkeologi Jim Leary, seperti dikutip Softpedia, Senin (27/7/2015).

Lebih lanjut Leary menjelaskan, melalui serangkaian analisis ilmiah, peneliti akan mendapatkan berbagai informasi yang terdiri dari jenis kelamin, diet, patologi, dan tanggal penguburan, serta dimana tempat individu tersebut hidup.

Selain itu, tim ilmuwan dari University of Reading juga menemukan saat menggali makam pemuda tersebut, remaja itu mengenakan kalung amber.

“Apakah ini bagian dari kepercayaan masyarakat terdahulu untuk menghindarkan diri dari roh jahat ataukah kalung itu hanya sebagai hiasan, hal itu belum dapat kami pastikan,” ungkap peneliti itu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Wow, Ilmuwan Temukan Tulang Manusia Berusia 4.000 Tahun