Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

5 Wilayah Indonesia ini Pernah Diklaim dan Menjadi Wilayah Negara Lain

5 Wilayah Indonesia ini Pernah Diklaim dan Menjadi Wilayah Negara Lain - Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah sebuah negara yang berdaulat dengan wilayah mencakup Sabang hingga Merauke. Namun terkadang Indonesia tidak begitu memperhatikan beberapa wilayahnya yang letaknya di pinggiran atau perbatasan. Akibatnya banyak wilayah ini yang diklaim dan disengketakan negara lain. Sebut saja Malaysia yang sering membuat Indonesia menjadi gerah.

5 wilayah yang ada di Indonesia ini pernah diklaim oleh negara lain. Beberapa jatuh ke negara lain, menjadi negara sendiri, dan ada yang berhasil dipertahankan. Berikut wilayah yang pernah diklaim dan hilang tak pernah kembali!

1. Pulau Sipadan

Pulau Sipadan adalah sebuah pulau yang dulunya milik Indonesia. Namun mendadak diklaim Malaysia menjadi wilayahnya. Kasus ini sempat menjadi isu besar dan membuat hubungan dua negara memanas dengan cukup lama. Akhirnya kasus ini dilimpahkan pada Mahkamah Internasional untuk memutuskan siapa yang berhak atas kepemilikannya.


Indonesia kalah dalam persidangan itu. Hal ini terjadi karena Malaysia dianggap mampu mengembangkan pulau dengan baik. Negara tetangga kita ini berhasil membangun resort hingga Pulau Sipadan menjadi tujuan wisata unggulan. Sebelumnya Pulau Sipadan hanyalah pulau kosong yang ditelantarkan oleh Indonesia.

2. Pulau Ligitan

Kelemahan argumen hukum yang dimiliki oleh Indonesia mengakibatkan Pulau Ligitan bernasib sama dengan Pulau Sipadan. Pulau dengan luas hanya 8 hektar ini akhirnya jatuh ke pelukan Malaysia setelah memenangkan sidang di Mahkamah Internasional. Jika saja Indonesia lebih pandai berargumen maka kedua pulau ini masihlah menjadi wilayah NKRI.


Wilayah Pulau Ligitan dikenal sangat indah keadaan alamnya. Laut di sekitar pulau sangat jernih dan memiliki banyak sekali penyu. Saat malam biasanya akan banyak sekali penyu menuju Pulau Ligitan untuk menaruh telurnya hingga mentas. Kehilangan pulau ini sama halnya kehilangan harta berharga. Jika saja Indonesia lebih memperhatikannya maka Pulau Ligitan masih menjadi bagian negara ini.

3. Blok Ambalat

Blok Ambalat adalah sebuah wilayah yang terletak di Selat Makassar dan Laut Sulawesi. Wilayah ini memiliki luas mencapai 15.235 km persegi. Di wilayah yang hanya dipenuhi oleh lautan ini terdapat sumber daya alam yang sangat besar. Salah satunya adalah banyaknya kandungan minyak mentah yang sangat melimpah.


Itulah mengapa Indonesia dan Malaysia kerap mengalami sengketa. Pasalnya Malaysia juga ingin mendapatkan wilayah yang kaya akan minyak. Mereka menganggap jika wilayah itu milik negaranya. Namun Indonesia dengan segala cara akan terus mempertahankan wilayah ini. Salah satunya adalah dengan terus melakukan penjagaan dan juga operasi penyisiran agar militer Malaysia tidak datang dan membuat kekacauan.

4. Kepulauan Natuna

Indonesia mulai naik pitam saat wilayah Kepulauan Natuna yang menjadi bagian Kepulauan Riau. Saat ini Natuna merupakan wilayah kabupaten yang berdiri pada tahun 1999. Wilayah Natuna mendadak muncul dalam wilayah laut China dalam peta terbaru yang mereka keluarkan. Klaim sepihak ini membuat Indonesia marah. Apalagi beberapa saat lalu China juga melakukan klaim terhadap Kepulauan Spratly dan Paracel yang merupakan wilayah Filipina.


Pemerintah Indonesia telah melakukan protes terhadap klaim sepihak ini. Namun pemerintah China tidak menanggapinya. Bahkan dalam paspor baru yang dimiliki warga China, Kepulauan Natuna masuk dalam gambar wilayah China. Saat ini pemerintah Indonesia terus mengusahakan perundingan agar sengketa ini tidak sampai menuju Mahkamah Internasional.

5. Timor Leste

Membahas Timor Leste atau Timor Timur sama halnya membuka luka yang telah lama hilang. Wilayah ini dulunya memang wilayah Indonesia. Namun setelah jajak pendapat, Timor Leste menjadi negara sendiri yang lepas dari NKRI. Awalnya Timor Leste adalah jajahan Portugis. Namun akhirnya menjadi wilayah Indonesia setelah datang dukungan dan lobi dari negara berkepentingan seperti Amerika.


Lambat laun konflik terus terjadi di wilayah ini. Indonesia akhirnya memberikan opsi-opsi kepada wilayah Timor Leste. Salah satunya adalah pemberian otonomi khusus atau lepas jadi negara sendiri. Tentu saja mereka ingin lepas. Apalagi banyak negara yang menjadi backing-nya. Jika saja penyelesaian tidak dengan jalur pendapat pendapat dan voting. Maka saat ini Timor Leste saat ini masih jadi wilayah Indonesia.

Satu hal lagi mengapa negara lain ingin Timor Leste lepas dari Indonesia. Di wilayah ini terdapat sumber daya tambang yang berharga (Uranium). Dan ini tidak disadari Indonesia sebelumnya. Padahal negara asing telah mengincarnya.

Itulah lima wilayah Indonesia yang sempat diklaim dan ada yang telah lepas. Dengan kejadian seperti ini seharus pemerintah lebih hati-hati dengan pulau terluar. Mereka harus mampu menjaga agar pulau ini tetap jadi bagian dari NKRI.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : 5 Wilayah Indonesia ini Pernah Diklaim dan Menjadi Wilayah Negara Lain