Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Ini Doa Saat Merasa Ketakutan dan Terancam Bahaya

Ini Doa Saat Merasa Ketakutan dan Terancam Bahaya -  Anda pernah merasa takut ?. Sebagai orang biasa, pastinya kita memiliki ketakutan pada sesuatu. Satu hal yang kita butuhkan adalah perlindungan dari Allah. Begini doa saat merasa ketakutan terhadap suatu hal. Hal ini dapat dilakukan untuk meminta perlindungan dari Allah dan agar hati kita menjadi lebih tenang dari sebelumnya.


Rasa takut pasti dirasakan oleh setiap orang meskipun dalam kondisi yang berbeda-beda. Bahkan para ulama mengatakan jika hal ini wajar terjadi pada orang biasa. Kita akan takut pada sesuatu yang mengancam hidup atau nyawa kita. Rasa takut itu dapat berasal dari seekor binatang buas, api, ataupun sesama orang yang mengancam. Bahaya itu tidak akan kita alami jika Allah tidak mengijinkannya. Inilah doa jika merasa takut akan sesuatu.

Pada umumnya, rasa takut itu berkaitan dengan bahaya yang mengancam kita. Kita merasa bahwa hal tersebut akan menyakiti kita. Tapi hal tersebut wajar terjadi pada manusia. Selain itu, rasa takut juga dapat muncul ketika kita melakukan suatu kesalahan, sebagai contohnya ketika ada seorang yang menabrak anak kecil dan ia tidak bertanggung jawab. Maka ketakutan akan selalu membayangi dirinya karena kesalahan tersebut. Ia menjadi berpikir yang aneh-aneh seperti takut ditangkap polisi, digentayangi anak tersebut, dan masih banyak lagi.

Rasa takut yang akan kita bahas kali ini, masuk dalam konteks takut terhadap bahaya. Ketika bahaya itu datang, kita akan merasa bingung harus berbuat apa karena kita berada dalam keadaan tertekan hingga menmunculkan rasa takut. Jika kita tidak dapat mengendalikan rasa takut itu, maka kita akan berbuat nekat ataupun hanya pasrah saja dengan doa ketika dalam ketakutan.

Ketakutan yang sangat juga pernah dialami oleh Rasulullah. Berdasarkan hadist yang ada dijelaskan bahwa Rasulullah pada saat itu masuk ke dalam rumah dengan keadaan ketakutan, kemudian beliau mengucapkan doa merasa takut akan sesuatu yakni Laa Ilaaha Illaallah. Beliau juga memperingatkan pada orang Arab bahwa akan datang bahaya di waktu dekat ini. Pada saat itu benteng Yakjuj dan Makjuj telah dibuka sebesar ini. Kemudian Rasul memperagakannya dengan memutar jari kelingking dan jempol hingga membentuk lingkaran. Zainab bertanya apakah kaum pada waktu itu akan musnah. Lalu Rasul menjawab bahwa hal tersebut akan terjadi jika maksiat telah dimana-mana.

Berdasarkan hadist tersebut kita tahu bahwa doa ketika dalam keadaan takut adalah tahlil. Apabila kita tidak tahu harus berbuat apa untuk keluar dari bahaya tersebut, maka bacalah bacaan tersebut agar hati dan pikiran lebih tenang untuk menemukan solusi terbaiknya. Selain itu, kita akan mendapatkan perlindungan dari Allah sang maha Kuasa. Allah akan menjauhkan gangguan atau hal-hal buruk dari diri kita sehingga kita lebih aman.

Sebagai seorang muslim hendaknya kita selalu ingat pada Allah dalam menjalani hidup ini. Terlebih jika kita dalam ketakutan atau bahaya maka secara otomastis kita langsung teringat dengan Allah dan meminta perlindungan-Nya.

Apabila kita menginginkan kenyamanan dalam hidup, hendaknya kita lebih mendekatkan diri pada Allah. Hal ini bisa dilakukan dengan cara meningkatkan amal ibadah, seperti sholat, puasa, zakat, sedekah dan apapun yang sesuai dengan perintah-Nya. Cara ini dapat membuat hati kita lebih tenang dan kita akan merasa perlindungan oleh Allah. Sehingga kita akan lebih fokus memecahkan masalah atau menghilangkan sumber rasa takut itu daripada berpikir aneh-aneh dimana hanya akan menambah ketakutan dalam diri kita.

Demikian informasi tentang doa saat merasa ketakutan, baik itu karena bahaya atau takut akan suatu. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Ini Doa Saat Merasa Ketakutan dan Terancam Bahaya