Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Penampakan Simbol Misterius yang Ditangkap NASA dari Angkasa

Penampakan Simbol Misterius yang Ditangkap NASA dari Angkasa - Baru-baru ini lembaga antariksa Amerika Serikat NASA menangkap pola gambar geoglyphs (gambar raksasa yang digambar pada permukaan tanah) di Kazakhstan, dan salah satu geoglyphs di antaranya itu terdapat pola gambar berupa simbol swastika. Namun, sumber maupun makna dari gambar-gambar tersebut belum bisa dipastikan, demikian kata arkeolog.


Mengutip laman “Daily Mail” Inggris (31/10) lalu, gambar itu diambil NASA dari angkasa yang berjarak 690 km jauhnya dari Bumi menggunakan satelit, sehingga mendapatkan gambar yang jelas, dan untuk selanjutnya akan dipelajari maknanya secara mendalam. Geoglyphs-geoglyphs tersebut berkumpul di Dataran Torgay, sebelah utara Kumkol, barat daya Kazakhstan.

Gambar-gambar berukuran raksasa itu ditemukan pertama kalinya di Google Earth oleh Dmitriy Dey, seorang ekonom Kazakhstan pada tahun 2007 lalu. Pada saat itu, Dey menemukan 50 buah pola gambar terkait. Sementara hingga saat ini, arkeolog secara total telah menemukan 260 gambar tersebut.

Pada 2014 lalu, arkeolog dari Kostanay University, Kazakhstan dan Vilnius University, Lithuania, mempelajari lebih lanjut gambar-gambar tersebut melalui foto udara dan ground penetrating radar (radar untuk mendeteksi benda-benda di bawah permukaan tanah).

Temuan yang sangat berarti

Arkeolog mendapati, gambar itu terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran, geoglyphs dirancang dalam berbagai bentuk geometris, termasuk kotak, cincin, salib dan swastika. Dengan ukuran mulai dari diameter 90 hingga 400 meter. Banyak geoglyphs terbuat dari gundukan tanah, meskipun salah satu contoh, swastika, dibuat dengan menggunakan kayu. Para peneliti belum bisa memperkirakan secara spesifik waktu pembuatan terkait, dugaan awal sekitar 2000 tahun silam, atau sekitar 8.000 tahun lampau.

“Saya belum pernah melihat gambar-gambar seperti ini, dan saya kira temuan ini sangat penting maknanya,” kata Compton J. Tucker, pakar ekologi di NASA seperti dilansir New York Times (30/10). .

“Pada saat ini, kita hanya bisa mengatakan satu hal – geoglyphs dibangun oleh orang-orang kuno, tapi oleh siapa dan untuk tujuan apa, masih misteri,” kata arkeolog Qostanay, Irina Shevnina dan Andrew Logvin kepada LiveScience.

Sumbernya misterius

Meskipun arkeolog telah melakukan banyak penelitian dan menemukan beberapa jejak yang bisa dikatakan sebagai bentuk kegiatan keagamaan pada geoglyphs tersebut, namun masih tidak dapat menjelaskan makna dari gambar-gambar raksasa yang menakjubkan itu. Ada yang mengatakan, bahwa gambar raksasa terkait berhubungan dengan astronomi, yang mewakili suatu rasi bintang tertentu. Sementara itu, ada juga yang mengatakan, bahwa garis-garis pada gambar tersebut berhubungan dengan keyakinan beragama, orang-orang bisa mencapai tempat yang suci dengan berjalan di sepanjang garis tersebut. selain itu juga ada yang mengatakan, garis-garis pada gambar tersebut berhubungan dengan air, karena air merupakan materi yang penting untuk kehidupan, tetapi sulit didapatkan di padang pasir, jadi, mereka membuat gambar raksasa untuk melakukan ritual keagamaan yang berhubungan dengan air.

Simbol swastika yang misterius

Menurut informasi yang dirilis oleh Perpustakaan Kazakhstan, bahwa pola dari gambar-gambar itu dibagi menjadi beberapa bentuk persegi, swastika, salib, cincin dan bentuk lainnya. Salah satu yang terbesar adalah gambar persegi diagonal yang terdiri dari 101 gundukan tanah.

Salah satu pola gambar berbentuk swastika itu berada di pinggiran Desa Urpek, Amangeldy, Provinsi Kostanay, Kazakhstan. Ada simbol swastika dari gundukan tanah setinggi 0.3 meter, panjang garis 33 meter, lebar pinggiran bawah 13 -15 meter, lebar ujung 10 – 12 meter. Sementara itu, ada juga swastika yang disertai dengan garis berbentuk huruf, dengan panjang 40 – 50 meter, lebar 6,5 meter, panjang bagian lengkung antara 15 – 20 meter. Sedangkan diameter terowongan berkisar 4 meter dan kedalaman 0,3 meter.

Pola gambar swastika berada dalam lingkaran berdiameter 90 meter, keberadaannya diperkirakan pada Zaman Perunggu (Bronze Age, tahun 3200 SM sampai tahun 600 SM) ke Abad Pertengahan (Middle Age, abad ke-5 hingga abad ke-15).

Laman “Daly Mail” menyebutkan, bahwa lambang swastika itu diperkirakan setidaknya ada 12,000 tahun sejarahnya, bukan gambar atau simbol khusus yang digunakan Nazi yang salah ditafsirkan orang-orang selama ini. Dalam berbagai budaya di Asia dan Eropa, Swastika mengandung arti baik dan keberuntungan. Sebenarnya, lambang Swastika memiliki istilah yang tidak sama di negara yang berbeda, misalnya di Tiongkok, swastika disebut “wan”, Jepang menyebutnya “manji”, sementara di Inggris disebut “fylfot”, sedangkan Jerman menyebutnya “tetraskelion”, dan “tetragammadion” di Yunani. Misteriusnya simbol raksasa swastika itu kian menambah warna kemisteriusannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Penampakan Simbol Misterius yang Ditangkap NASA dari Angkasa