Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

6 Negara yang Bisa Membuat Kaya Amerika Serikat

6 Negara yang Bisa Membuat Kaya Amerika Serikat - Amerika Serikat adalah negara adi daya yang memiliki pengaruh sangat kuat di belahan dunia. Amerika hampir memiliki segalanya untuk menjadi negara nomor satu di dunia. Namun, ternyata Amerika bisa kaya karena ke 6 negara ini. Tidak disangka bahwa berkat keenam negara inilah Amerika menjadi negara maju dengan tingkat ekonomi yang tinggi.


Setiap tahunnya pemerintah Amerika membelanjakan sebagian uang guna menggerakkan tingkat ekonomi masyarakat dan negara. Pemenuhan kebutuhan negara dilakukan dengan melakukan pendanaan melewati penerbitan surat utang yang bervariasi dalam denominasi. Ternyata Amerika bisa kaya karena keenam negara ini dan hal yang dilakukannya tersebut.

Surat berharga, surat utang dan obligasi menjadi sangat penting bagi para investor. Hal ini dikarenakan dengan adanya investasi, suatu negara akan mendapatkan bunga dari hasil investasi tersebut. Pendapatan pajak dilakukan pemerintah Amerika Serikat untuk membayar dan melunasi bunga surat utang dan obligasi selama puluhan tahun.

Surat utang yang diberikan akan menjadi hutang negara dan akan selalu bertambah setiap detiknya karena bunga yang telah disepakati. Penumpukan utang ini mencapai USD 15,7 triliun atau setara dengan Rp 150.962 triliun. Sekarang, agar AS tidak mengalami bangkrut maka pinjaman itu harus kurang dari USD 16,4 triliun atau sekitar Rp 157,692 triliun.

Mayoritas pemegang utang tersebut ada pada sektor swasta. Terdapat 45 persen dipegang oleh entitas publik, begitu juga pemerintahan negara lain. Dan ternyata AS menjadi kaya karena keenam Negara ini karena pembelian obligasi dari Amerika Serikat, yaitu:

6 Negara yang Bisa Membuat Kaya Amerika Serikat

1. Rusia
Rusia adalah negara yang terkenal akan beruang merah. Negara ini memiliki surat utang di AS. Meskipun dahulu pernah ada ketegangan antara Amerika Serikat dan Rusia, tapi tidak menghalangi negara ini untuk memiliki tingkat ekonomi cukup tinggi. Hingga kini, Rusia memiliki surat utang sebesar USD 146,7 miliar pada AS.

2. Hong Kong
Hong Kong adalah negara pecahan China tetapi sudah dapat mandiri dan tidak bergantung lagi pada negara induknya. Negara ini disebut dengan surga bagi para pengusaha yang tidak mau ditagih pajak. Oleh karenanya, Hong Kong menjadi salah satu tempat yang sangat cocok sebagai investor karena banyaknya pengusaha. Hingga kini, Hong Kong ikut menyumbang sekitar USD 138,8 miliar dalam bentuk surat utang pada Amerika Serikat.

3. Brasil
Salah satu negara terbesar di Amerika Selatan adalah Brasil yang memiliki USD 237,4 miliar berupa surat utang punya AS. Namun, selama dua tahun terakhir terjadi fluktuasi investasi di negara ini yakni sekitar USD 190 miliar sampai USD 240 miliar.

4. China
Negara terbesar dalam hal investasi Amerika Serikat adalah negara China. Negara ini memiliki obligasi AS sekitar USD 1,17 hingga saat ini. Bahkan AS kaya karena ke 6 Negara ini, terlebih China.

5. Taiwan
Amerika Serikat memiliki obligasi di negara Taiwan dan selalu bertambah sejak tahun kemarin. Hingga kini negara Taiwan memiliki USD 184,4 miliar atau sekitar Rp 1.773 triliun dalam bentuk surat utang. Pada pertengahan abad 20, Taiwan mengalami pertumbuhan ekonomi dan industri yang cukup tinggi.

6. Jepang
Dalam bidang perdagangan, Jepang merupakan salah satu partner terbaik bagi AS. Jepang memiliki cukup banyak surat utang pada AS bahkan sudah jadi salah satu investor di AS. Hingga kini, jepang memiliki surat utang sekitar USD 1,08 triliun pada AS.

Setiap Negara memanglah tidak dapat hidup sendiri oleh karena itu membutuhkan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya. Demikianlah 6 negara yang bisa membuat kaya Amerika Serikat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : 6 Negara yang Bisa Membuat Kaya Amerika Serikat