Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

5 Fakta Unik dan Menarik Dibalik Peristiwa Tragedi Bom Sarinah Jakarta

5 Fakta Unik dan Menarik Dibalik Peristiwa Tragedi Bom Sarinah Jakarta - Tragedi ledakan bom sarinah jakarta, tragedi bom bunuh diri di Jl. Thamrin depan Gedung Sarinah Jakarta membuat banyak orang terkejut terutama orang-orang disekitar Gedung Sarinah Jakarta. Tragedi ledakan bom bunuh diri dan tembakan di Jl. Thamrin depan gedung Sarinah ini sangat menarik kita ikuti beritanya, karena banyak peristiwa dibalik tragedi ini. Menurut Polri pelaku teror di depan gedung Sarinah Jakarta ini merupakan anggota ISIS yang masuk ke Indonesia. Presiden Jokowi yang saat itu sedang melakukan kunjungan kerja ke Cirebon langsung membatalkan agenda selanjutnya dan langsung kembali ke Jakarta.

Dalam tragedi ledakan bom di depan gedung Sarinah Jakarta, ada beberapa fakta unik dan menarik yang perlu Anda tahu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Banyak media asing langsung memberitakan tragedi ledakan bom sarinah


Sejak tragedi ledakan sarinah terjadi, media asing langsung menurunkan berita tentang ledakan bom di Jakarta (bomb blast in jakarta), mulai dari CNN, Aljazeera, BBC dan media asing yang lainnya. Tragedi ledakan bom Sarinah juga menjadi trending topic Twitter di dunia.

2. Kronologi tragedi peristiwa ledakan bom di depan Gedung Sarinah berlangsung dramatis seperti film Hollywood.


Jika Anda suka dengan film hollywood yang berjudul "Olympus Has Fallen" mungkin peristiwa ledakan di depan gedung Sarinah ini mirip seperti film tersebut, sama-sama terjadi ledakan dan tembakan. Petugas keamanan dan Polisi ikut serta mengejar pelaku. Bedanya pada tragedi depan gedung Sarinah ini ledakan bomnya kecil dan kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah serta teroris bisa langsung ditembak mati oleh Polisi.

Menurut Polri, kronologi tragedi ledakan di depan gedung Sarinah Jakarta bermula ketika ada serangan  serangan kelompok bersenjata pertama kali di awal di Starbucks Cafe. Saat itu sekitar pukul 10.00 WIB. Bom bunuh diri di Starbuck membuat sejumlah pengunjung terluka. Saat itu, suasana di kafe langsung panik dan pengunjung berhamburan keluar.

Rupanya setelah pengunjung berlarian, di luar kafe sudah menunggu dua orang. Keduanya melakukan penembakan dan saat itu mengenai dua warga negara asing, Satu meninggal dan satu hidup. Kemudian, saat bersamaan, ada tim kedua dari kelompok penembakan itu. Tim kedua yang berjumlah dua orang menyerang Pospol Sarinah, dan meledakkan bom bunuh diri. Saat itu ada satu anggota polisi yang bertugas di pospol.

Mendengar ada ledakan, personel polisi yang sedianya akan mengamankan demo di Monas langsung menuju di lokasi. Saat itu, ledakan memang sudah tak terdengar, tapi berganti serangan dengan tembakan dan bom rakitan tangan. Baku tembak terjadi selama 15 menit. Saat itu dua pelaku ditembak mati. Setelah baku tembak mereda, kemudian polisi menyisiri Starbucks dan Pospol Sarinah. Selain itu, petugas Jihandak Brimob, Sabara, dan Kodam, mengepung lokasi untuk memastikan lokasi aman.

Setelah itu, setiap lantai Gedung Jaya dan GedunG Cakrawala disisir. Dari penyisiran diamankan 5 bom kecil sebesar kepalan tangan atau kita sebut granat tangan rakitan dan satu lagi sebesar kaleng biskuit.

3. Beredar video amatir detik-detik ledakan bom di depan gedung Sarinah Jakarta dan foto pelaku teroris mengacungkan senjata.

Mungkin hal yang menarik yang paling sering dicari pada tragedi ledakan bom di depan gedung Sarinah Jakarta adalah video ledakan bom itu sendiri. Sejak peristiwa ledakan bom terjadi dan diberitakan di tv, video amatir detik-detik ledakan bom bunuh diri di depan gedung Sarinah juga sudah banyak ditonton orang di media sosial. Berikut ini video detik-detik ledakan bom bunuh diri di depan gedung Sarinah Jakarta:



Ada juga foto pelaku teroris mengacungkan senjata ditengah kepanikan warga dan banyak warga dan polisi tidak sadar bahwa ditengah mereka ada teroris mengacungkan senjata dan sap meledakkan diri kapanpun yang dia mau.



Namun pada akhirnya semua pelaku teror bom Sarinah bisa ditembak mati.


4. Driver GO-JEK dan Tukang Sate menjadi perhatian yang cukup banyak dari para netizen karena keberanian mereka berdua

Pada peristiwa ledakan bom Sarinah Jakarta ternyata ada peristiwa unik yang terjadi yang menjadi perhatian banyak netizen yaitu tentang kisah driver GO-JEK yang membantu korban ledakan bom Sarinah dan tukang sate yang tetap berjualan meskipun dekat dengan tempat kejadian ledakan.

Sebelumnya, lewat sebuah postingan yang berbentuk foto yang diunggah di Twitter oleh Bayu Ilhamsyah lewat akunnya, @Ilham_Bayu66, nampak seorang driver GO-JEK yang belum terungkap identitasnya menyelamatkan korban ledakan bom tadi.


Dalam foto diatas, wanita itu terlihat kesakitan dengan kaki terluka dengan tali tas yang dia bawa juga putus. Tindakan penyelamatan ini langsung mendapat komentar positif dari tweeps lain. "Pahlawan sebenar adalah driver gojek yg menyelamatkan mbak berjilbab. Tanpa pelindung tanpa senjata. Mungkin bego, tapi itulah nurani," tulis akun @febymamakey.

Ada juga tukang sate yang menunjukkan keberaniannya tidak takut pada teroris dengan tetap berjualan di sekitar ledakan bom. Seorang pengguna Path bernama Wimpy mengunggah foto seorang penjual sate. Meski terlihat biasa saja, penjual sate itu ternyata berada sangat dekat dengan lokasi ledakan bom Sarinah. Bahlan menurut Wimpy, posisi jualan si tukang sate yang terlihat cukup tua itu hanya 100 meter dari TKP.


Wimpy pun menyebut fenomena unik nan berani ini adalah bukti ketangguhan orang Jakarta yang tidak takut terhadap aksi terorisme."Gerobak sate ini hanya 100 meter dari lokasi serangan teroris sekitar 2 jam lalu, dan si abang masih memanggang satenya dan orang-orang pun masih terus memesan sate. Ini lah Jakarta!!! Kalian tidak bisa meneror orang-orang Jakarta!! Takut tak ada dalam kamus kami," tulis Wimpy dalam akun Pathnya.

Tak ayal, netizen lain pun langsung membagikan postingan Wimpy tersebut di media sosial, dan komentar-komentar positif pun terus mengalir. Foto tukang sate berani ini semakin menguatkan kampanye netizen untuk menunjukkan kekuatan rakyat Indonesia menghadapi aksi terorisme yang sebelumnya sudah ramai di Twitter lewat hastag #KamiTidakTakut dan #tetaptenang.

5. Tragedi Ledakan bom Sarinah Jakarta bertepatan dengan Deadline Freeport. Ada yang menganggap ini hanya pengalihan isu Freeport, benarkah ?

Seorang netizen @ferizandra menulis di jejaring twitter tadi malam bahwa akan ada pengalihan isu terkait batas waktu Freeport Indonesia menawarkan saham, yang deadline nya hari ini, Kamis, 14 Januari 2016.


"Jangan lupa besok 14/01/2016 batas waktu Freeport Indonesia utk menawarkan saham... hati2 pengalihan isu..." tulis akun @ferizandra tadi malam, Rabu (13/1).

Dalam penelusuran berita, KOMPAS pada 4 Desember 2015 memposting berita dengan judul:

"14 Januari 2016 "Deadline" Freeport Tawarkan Divestasi" dengan liink: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/12/04/143951326/.14.Januari.2016.Deadline.Freeport.Tawarkan.Divestasi

Freeport adalah masalah krusial Indonesia menyangkaut hajat hidup 250 juta rakyat Indonesia. Dalam satu analisa, seandainya kekayaan Freeport yang mengeruk Sumber Daya Alam di Papua hasilnya sebagian besar untuk Indonesia maka bukan saja rakyat Papua kaya raya juga rakyat Indonesia akan sekolah gratis sampai perguruan tinggi.

Demikianlah 5 fakta unik dan menarik dibalik peristiwa tragedi bom Sarinah Jakarta yang mungkin perlu Anda tahu. Semoga bisa menambah wawasan Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : 5 Fakta Unik dan Menarik Dibalik Peristiwa Tragedi Bom Sarinah Jakarta