Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Ini 5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Dosa Zina Bisa Terampuni

Ini 5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Dosa Zina Bisa Terampuni - Zina termasuk dosa besar yang dapat membawa seseorang jatuh kejurang kesengsaraan, namun terdapat beberapa amalan agar dosa zina terampuni serta bertaubat pada Allah atas dosa yang sudah dilakukan. Apa sajakah amalan yang bisa menghapus dosa zina?


Islam telah mengajarkan pada setiap umatnya buat selalu menjauhi hal-hal yg dapat menyebabkan dosa zina seperti pacaran, sebab zina artinya perbuatan yang terlarang dan  memiliki dosa yg sangat besar . Seorang yg sudah berbuat zina akan rusak semua kehormatannya di mata orang lain dan  tentu juga di hadapan Allah.

Di zaman sekarang ini, zina termasuk perbuatan yg sudah banyak dilakukan oleh sebagian besar orang karena mereka telah terpengaruh dengan budaya barat yg bebas. Hal-hal yg dapat memicu terjadinya zina sudah lumrah dan  umum  di lakukan oleh setiap orang di dunia ini contohnya pacaran. Tidak hanya orang non-muslim saja yg telah membudayakan sikap ini, umat muslim pun sekarang sudah banyak yg terjerumus dalam perbuatan dosa ini.

Dosa zina apakah bisa diampuni? 

Allah Maha Pengampun, Dia sanggup mengampuni hambanya meskipun hamba tersebut memiliki dosa sebesar bumi. Setiap hambanya diberi kesempatan untuk senantiasa bertaubat. Jika manusia benar-benar menyesal, ingin memperbaiki diri dan  bertaubat, maka Allah akan mengampuni setiap dosa-dosa hamba-Nya karena Allah Maha Pengampun dan Maha Kuasa.

Setiap hamba berkewajiban utk selalu bertaubat pada Allah, taubatnya harus  benar-benar dari lubuk hati dan bertekat tidak akan melakukan perbuatan dosa yang sama di lain waktu. Ada lima hal yg wajib  dipenuhi seorang hamba yang ingin menghapus dosa zina yang telah dilakukannya yaitu:

1. TAUBAT

Taubatnya dari zina ialah berhenti dari perbuatan zina. Taubat ialah satu hal yg wajib  dilakukan oleh setiap umat muslim yg sudah berbuat dosa. Taubat dapat dilakukan yaitu dengan  serius menjauhi hal-hal yg menjurus ke perbuatan zina dan  bertekat akan menjauhi perbuatan zina.

Orang yang bertobat dengan kesungguhan akan berhenti dari perbuatan maksiat yang telah dilakukannya dan  tidak akan mengulangi perbuatan maksiat yg sudah dilakukannya, bahkan  akan menjauhi seluruh perbuatan dosa. Allah akan membukakan pintu maaf selebar lebarnya bagi orang-orang yang dengan sungguh-sungguh bertaubat kepada-Nya.

2. MENYESAL

Tidak cuma berhenti dari perbuatan maksiat, seseorang yang benar-benar ingin menghapus dosanya wajib  memiliki penyesalan yg tulus dari hati sebab sudah melakukan perbuatan maksiat itu. Seseorang yg telah memiliki penyesalan di lubuk hati tidak akan melakukan perbuatan yg sama pada lain waktu mendatang.

3. BERTEKAD TAK AKAN MELAKUKAN KEMAKSIATAN LAGI

Orang yang bersungguh-benar-benar bertaubat tidak akan mengulangi perbuatan maksiat yang sudah dilakukannya di masa lampau. Dia akan senantiasa membentengi diri dari perbuatan yg menjerumus kepada kemaksiatan sehingga tidak akan terjerumus pada lubang yang sama.

4. LAKUKAN AMAL KEBAIKAN SEBANYAK BANYAKNYA DAN SEBAGUS BAGUSNYA

Amal amal kebaikan itu dapat menghapus amal amal keburukan. Istilahnya kita tebus perbuatan salah kita dengan memperbanyak perbuatan baik.

5. JANGAN MENCERITAKAN DOSA TERSEBUT KEPADA ORANG LAIN

Sunnah bagi pelaku zina dan segala perbuatan ma’siyat untuk menutupi perbuatannya tersebut. Menyerahkan diri dan mengakui perbuatannya di depan hakim untuk dihad/dihukum adalah makruh.
Dosa Zina atau dosa apapun adalah aib, dianjurkan untuk tidak membuka aib sendiri. Rasulullah sholallohu alaihi wasallam mencela pelaku maksiat yang membuka aibnya sendiri dan padahal Allah SWT telah menutupinya.

Beliau bersabda:
"Setiap umatku dimaafkan kecuali orang yang terang-terangan (melakukan maksiat). Serta termasuk terang2an adalah seorang yang melakukan perbuatan maksiat pada malam hari, lalu pada pagi harinya -padahal Allah SWT sudah menutupnya-, ia mengatakan: wahai fulan, kemarin aku  sudah melakukan ini serta itu –padahal Allah SWT sudah menutupnya- dan  pada pagi harinya dia membuka penutup Allah Subhanahu wata’ala Terhadapnya.".

Demikianlah 5 hal yang harus dilakukan agar dosa zina bisa terampuni, semoga bermanfaat untuk Anda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Ini 5 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Dosa Zina Bisa Terampuni