Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Tangan Robot 'Iron Man' Bali Rusak Karena Terlalu Banyak Diteliti Para Ahli

Tangan Robot 'Iron Man' Bali Rusak Karena Terlalu Banyak Diteliti Para Ahli - Belum lama ini publik dihebohkan dengan kemunculan sosok asal Bali yang mempunyai tangan robot yang disebut sebagai Iron Man dari bali. Akan tetapi, tangan robot yang dibuat oleh I Wayan Sumardana sekarang ini malah menjadi kontroversi dan banyak netizen beranggapan jika apa yang diberitakan adalah berita HOAX alias berita bohong semata.


Kabar tersebut memang langsung menyita perhatian masyarakat Indonesia, malahan sampai media asing pun memberitakan hal tersebut. Seperti yang dilakukan oleh pihak Menristek Dikti yang berjanji akan mengembangkan penemuan Wayan Sumardana tersebut. Walaupun begitu, ternyata apa yang dilakukan prioa asal Bali tersebut, oleh sebagian netizen malah disebut berita HOAX yang tak dimasuki akal seperti yang diungkapkan oleh seorang neter bernama M Asad Abdurrahman.

Banyak dari para netizen yang sangat meragukan apa yang diungkapkan oleh Wayan, karena tidakk masuk akal, sehingga banyak dari netizen yang mengetahui soal IT, langsung lakukan beberapa analisa terhadap Tangan Robot Iron Man asal Karang Asem, Bali tersebut. Pada akun Facebook milik M Asad Abdurrahman, dengan jelas ia menuding jika tangan robot tersebut tak bisa dipercaya sepenuhnya dan lebih kearah hoax semata.

Pasalnya, menurut Asad, jika melihat dari bahan yang dipakai dan struktur eletronik dari tangan robot tersebut banyak yang palsu. Ia mengungkapkan jika Wayan hanya ambil motherboard komputer juga port yang ada berdiri sendiri tanpa harus ada koneksi pada sirkuit apapun, dan ini tak masuk akal. Biasanya, jika akan membuat hal ini maka teknologi yang dipakai adalah teknologi tercanggih nano.

Nahas dialami I Wayan Sumardana alias Tawan, manusia robot asal Bali yang dijuluki Iron Man. Sejak namanya melambung berkat temuan tangan robotnya, ia didatangi sejumlah peneliti. Tak sedikit yang bangga dengan karya Tawan.

Namun, banyak juga yang meragukan. Ia pun mempersilakan pihak-pihak berkepentingan untuk meneliti alatnya.

Sayang, penelitian itu justru membawa masalah bagi Tawan. Betapa tidak, alat robotiknya justru rusak, tak bisa digunakan lagi.

"Alat saya rusak, terutama yang di kepala. Tidak bisa digunakan lagi," kata Tawan.

Siang tadi, cerita Tawan, alat robotik yang dirakitnya dari barang rongsokan itu diteliti oleh beberapa ahli dari beberapa universitas di Bali yang berkunjung ke bengkel lasnya.

Ia pun mempersilakan mereka untuk melihat alat yang dibuatnya selama dua bulan sejak tangannya mengalami kelumpuhan pada enam bulan lalu itu.

Tawan pun tak mempersoalkan tangan robotiknya untuk diteliti. Namun, usai diteliti alatnya justru tak bisa difungsikan lagi. "Kesal saya enggak bisa dipakai lagi. Tadi diteliti sama ahli-ahli, malah rusak. Saya tidak bisa bekerja lagi," ucap Tawan.

Tawan kini tak bisa kembali bekerja akibat alatnya rusak. "Saya tidak bisa bekerja. Bagaimana nasib anak istri saya. Saya ancurin saja lama-lama alat ini," ujar Tawan.

Banyak pihak kagum dengan alat temuan Tawan. Namun, tidak sedikit yang meragukannya. Banyak kejanggalan dari temuan Tawan.

Salah satunya datang dari Dosen Teknik Otomasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Syamsiar Kautsar. Ia menilai ada kejanggalan dari karya Tawan.

"Proses membaca sensor yang ada pada otak tidaklah semudah itu," katanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Tangan Robot 'Iron Man' Bali Rusak Karena Terlalu Banyak Diteliti Para Ahli