Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Inilah 10 Malaikat Dalam Islam Beserta Tugasnya

Inilah 10 Malaikat Dalam Islam Beserta Tugasnya - Dalam islam dikenal ada 10 malaikat yang mempunyai tugas pokok dari Allah SWT. Beriman kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman dalam islam. Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang terbuat dari nur atau cahaya. Malaikat merupakan hamba Allah yang tidak diberi hawa nafsu. Jumlahnya pun sangat banyak dengan tugas yang berbeda-beda. Tiada yang mengetahui bilangan malaikat selain Allah sendiri.


Namun sepuluh nama-nama malaikat berikut ini wajib diketahui. Diantaranya ada yang bertugas menurunkan hujan, mencatat amal perbuatan  manusia, mencabut nyawa, dan lain sebagianya. Berikut sepuluh nama malaikat dan tugas-tugasnya.

1. Malaikat Jibril

Dalam kisah kehidupan para Nabi, nama malaikat Jibril pasti sering didengar. Ia merupakan malaikat dengan tugas utamanya sebagai penyampai wahyu dari Allah SWT kepada para utusan. Allah SWT menjelaskan Jibril dalam Alquran yakni surat Al - Baqarah ayat 97 - 98 dan At Tahrim pada ayat 4. Sebanyak 25 Nabi yang wajib umat Islam imani dipastikan sudah bertemu dengan Malaikat Jibril. Pasalnya Ia bertugas menyampaikan wahyu kepada Para Nabi dan Rasul dari Allah untuk disampaikan kepada umat.

"Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, Maka Jibril itu Telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman. Barang siapa yang menjadi musuh Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, Maka Sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir. (Q.S Al - Baqarah ayat 97 - 98)

“Jika kamu berdua bertaubat kepada Allah, maka sesungguhnya hati kamu berdua telah condong (untuk menerima kebaikan); dan jika kamu berdua bantu-membantu menyusahkan Nabi, maka sesungguhnya Allah adalah Pelindungnya dan (begitu pula) Jibril dan orang-orang mukmin yang baik; dan selain dari itu malaikat-malaikat adalah penolongnya pula” (Q.S At Tahrim:4).

Lantas bagaimana tugas Jibril setelah tidak ada Nabi dan Rasul penerus Nabi Muhammad SAW? Maka tugas Jibril berdasarkan hadist Nabi adalah Menyampaikan kepada penduduk langit bahwa Allah mencintai atau membenci seorang hamba. Malaikat Jibril juga akan mendatangi setiap orang Mukmin yang meninnggal dalam keadaan suci dari hadast.

Malaikat Jibril nantinya juga akan menjaga Kota Mekah dan Madinah dari fitnah Dajjal

"Lalu Dajjal melewati Mekkah, ternyata di sana dia bertemu dengan makhluq yang sangat besar, maka dia bertanya: siapa kamu? makhluq tersebut menjawab 'aku adalah Mika'il, Allah mengutusku untuk menjaga tanah haram ini'. Kemudian Dajjal meneruskan perjalanannya ke Madinah, disana dia juga bertemu dengan Makhluq yang besar dan dia bertanya: siapa kamu? makhluq itu menjawab: 'aku adalah Jibril, aku diutus Allah untuk menjaga tanah haram ini'." (HR Tabrani)

2. Malaikat Mikail

Malaikat kedua yang wajib diketahui umat Muslim adalah Malaikat Mikail alahissalam. Malaikat ini bertugas untuk memberikan rahmat Allah berupa rezeki dan menurunkan hujan. Tidak hanya kepada manusia, Malaikat ini juga membagikan rezeki kepada hewan tumbuhan dan makhluk lain yang ada di muka bumi.

Berdasarkan riwayat malaikat Mikail mengenakan jubah berwarna hijau jamrud, yang memenuhi bentangan langit. Dari kepala hingga kedua telapak kakinya berbulu za’faron. Andai saja seluruh air di muka bumi ini disiramkan ke bagian kepala maka dipastikan tidak akan setetespun yang jatuh dari atas kepalanya. Seluruh tubuhnya terbuat dari cahaya dan berbulu za’faran. Setiap satu bulu yang dimilikinya ada satut juta wajah dan setiap wajah memiliki sejuta mata dan sejuta mulut yang senantiasa memohonkan ampunan untuk kaum mukmin yang berdosa.

3. Malaikat Israfil

Malaikat selanjutnya yang wajib diketahui seorang mukmin adalah Malaikat Israfil. Tugas Malaikat ini adalah meniup sangkakala pada hari kiamat. Malaikat Israfil sentiasa meletakkan terompet sangkakala di mulutnya. Tinggal hanya menunggu perintah Allah maka Malaikat Israfi alaihissalam akan meniup terompet tersebut.

Abu Hurairah RA meriwayatkan bahawa Rasulullah SAW pernah bersabda tentang terompet malaikat Israfil: "Terompet itu adalah sebuah tanduk raksaksa yang terdiri dari cahaya. Besar tiap lingkaran dalam tanduk itu selebar langit dan bumi. Terompet itu akan ditiup tiga kali. Tiupan pertama membuat makhluk takut, tiupan kedua membuat makhluk mati, tiupan ketiga untuk membangkitkan makhluk dari kubur".

4. Malaikat Izrail

Malaikat keempat yang wajib kita ketahui adalah malaikat Izroil. Ia bertugas sebagai pencabut Nyawa yang memisahkan ruh dari raga. Malaikat Izrail diciptakan Allah SWT dengan wajah empat satu wajah di muka, satu wajah di kepala, satu dipunggung dan satu lagi di telapak kakinya. Malaikat Izrail diberikan kemampuan luar biasa oleh Allah SWT sehingga dari ufu barat hingga timur bisa dijangkaunya dengan mudah. Izrail memiliki 4.000 sayap dan 70.000 kaki, salah satu kakinya di langit ketujuh dan satu lagi di jembatan yang memisahkan Surga dan Neraka.

5. Malaikat Munkar

Malaikat kelima yang harus diketahui adalah malaikat Munkar. Ia bertugas menanyai setiap manusia di alam kubur, yakni pada saat manusia dikuburkan.

6. Malaikat Nakir

Malaikat Nakir memiliki tugas yang sama dengan malaikat Munkar, yakni menanyai manusia yang baru di kuburkan di alam barzah. Dua Malaikat ini datang saat langkah ketujuh dari orang terakhir yang meninggalkan kuburan. Rasulullah SAW menggambarkan bahwa dua malaikat ini begitu menyeramkan dengan tubuhnya hitam legam,  mata biru terbelalak, suara malaikat ini bagaikan petir. Keduanya kemudian mempertanyakan beberapa hal yang menjadi penentu dimana selanjutnya arwah mereka ditempatkan.

Diriwayat oleh Bukhari dan Muslim dari hadits Al Barra’ bin ‘Azib, jika seorang mayit sudah dihadapkan pada alam akhirat, maka akan datang padanya dua malaikat (yaitu malaikat Munkar dan Nakir) yang akan bertanya kepada sang mayit tiga pertanyaan. Ketiga pertanyaan tersebut adalah

Pertama “Man Robbuka?”…Siapakah Robbmu?

Kedua, “Wa maa diinuka?” … dan apakah agamamu?

Ketiga, “Wa maa hadzaar rujululladzii bu’itsa fiikum?” … dan siapakah orang yang telah diutus di antara kalian ini?

Pertanyaan ini mudah dijawab bukan? Namun jangan harap bisa menjawabnya di alam barzah jika keimanan kita di dunia masih secuil.

7. Malaikat Rakib

Malaikat Rakib adalah malaikat yang bertugas menjaga manusia dan mencatat semua amal kebaikan. Ia berada di sebelah kanan dan senantiasa mencatat amal-amal baik yang dikerjakan manusia. Malaikat ini sangat jujur, tidak pernah melewatkan satupun amal baik manusia meskipun sekecil biji zarrah (bayam).

8. Malaikat Atid

Berbeda dengan malaikat Rakib yang mencatat amal baik, malaikat Atid bertugas mencatat keburukan yang dilakukan manusia. Tak ada sepotong nyawa pun yang tidak memiliki buku stambuk dan buku induk pencatatan amal kita. Semuanya serba lengkap dengan superkomputer yang teramat canggih. Pada waktunya, kepada kita akan dipertunjukkan catatan-catatan serta jejak rekam kita selama menjadi penghuni di alam yang serba cepat ini.

9. Malaikat Malik

Malaikat ini bertugas sebagai penjaga dan pengawal neraka. Malaikat Malik mempunya tangan dan kaki yang bilangannya sama dengan jumlah ahli neraka. Setiap kaki dan tangan itu bisa berdiri dan duduk, serta dapat membelenggu dan merantai setiap orang yang dikehendakinya. Menurut kisah, karena Malik memiliki wujudnya yang sangat menyeramkan, ketika Malik melihat kearah Neraka maka sebagian api memakan api yang lain karena rasa takutnya kepada Malik.

10. Malaikat Ridwan

Sebaliknya, Malaikat adalah malaikat yang bertugas menjaga pintu surga. Sebenarnya tidak ada ayat dalam Alquran yang menerangkan bahwa nama malaikat penjaga surga adalah malaikat Ridwan. Malaikat ini memiliki penampilan yang begitu indah sehingga membuat penghuni surga begitu senang berada di sana.

“Allah Azza wa Jalla berfirman, “Wahai Ridwan, bukalah pintu-pintu surga.” (HR. Abu Asy-Syaikh).

Demikianlah ulasan mengenai 10 malaikat dan tugasnya dalam islam, semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Inilah 10 Malaikat Dalam Islam Beserta Tugasnya