Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Cara Melihat Gerhana Matahari Total Dengan Kacamata yang Aman

Cara Melihat Gerhana Matahari Total Dengan Kacamata yang Aman - Pada tanggal 9 Maret 2016 nanti Indonesia akan dilintasi gerhana matahari total. Banyak warga indonesia maupun warga asing yang ingin melihat fenomena alam langka ini. Lalu bagaimana cara melihat gerhana matahari total, cara menonton gerhana matahari total yang aman ?. Caranya adalah dengan menggunakan kacamata khusus gerhana matahari total karena itu bisa melindungi mata kita ketika terjadi pergeseran cahaya matahari.

kacamata gerhana matahari total
kacamata gerhana matahari total

Penggunaan kacamata hitam disebut bisa melindungi mata dari efek sinar ultraviolet. Namun kacamata seperti apa yang aman?. Menanggapi hal tersebut, dokter mata dari Jakarta Eye Center, dr Soefiandi Soedarman, SpM mengatakan kacamata yang aman digunakan untuk melihat Gerhana Matahari setidaknya memiliki proteksi 100-400 nanometer.

"Yang dikhawatirkan ketika melihat Gerhana Matahari adalah pada saat dia bergeser. Untuk itu, kita butuh kacamata hitam yang memberikan proteksi sinar ultraviolet dengan panjang gelombang 100-400 nm," katanya. Menurut dia,  mata manusia bisa melihat cahaya yang memiliki panjang gelombang 400-700 nm. Lebih dari 700 nm, kita tidak bisa melihatnya karena sinar infra merah.

"Jadi nggak bahaya kalau kita sudah menggunakan kacamata hitam yang tepat. Hanya saja untuk melihat gerhana parsial sebisa mungkin gunakan kacamata anti UV ini sebelum dan sesaat setelah bulan bergeser menutupi matahari untuk melindungi mata dari intensitas cahaya yang besar," ujarnya.

Tags:
cara melihat gerhana matahari total yang aman, cara aman menonton gerhana matahari total, kacamata khusus gerhana matahari total

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Cara Melihat Gerhana Matahari Total Dengan Kacamata yang Aman