Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Hati-hati Melihat Gerhana Matahari Total Dengan Kacamata Hitam Biasa

Hati-hati Melihat Gerhana Matahari Total Dengan Kacamata Hitam Biasa - Anda ingin melihat gerhana matahari total dengan kacamata hitam biasa yang Anda miliki ?. Sebaiknya nanti dulu, karena kacamata hitam biasa tidak tepat untuk melihat gerhana matahari total karena tidak bisa menahan sinar ultraviolet yang datang langsung saat gerhana. Jadi sebaiknya gunakan kacamata ultraviolet atau kacamata khusus gerhana matahari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Menurut Menteri Kesehatan, menggunakan kacamata hitam biasa atau Cengdem harus hati-hati. Cengdem adalah kacamata hitam yang terbuat dari bahan plastik dan dibandrol dengan harga murah. Biasa dijual bebas di lokasi wisata. "Betul itu. Kalau kacamata itu tidak bisa menahan UV ya sama saja," kata Nila menekankan.

Ia mengatakan, lubang ozon negara kita begitu besar. Telah terjadi penipisan ozon yang berakibat tidak lagi mampu menahan masuknya sinar ultraviolet. Jika terlalu banyak yang masuk ke mata, akan berbahaya. Jauh lebih baik kalau tidak melihatnya. Matahari, kata Menkes, mengeluarkan sinar ultraviolet dan salah satu tipe dari sinar UV itu ada yang keras dan merusak.

"Sebenarnya, tanpa sinar pun kita tidak bisa melihat," kata Menkes. "Sinar itu ke mana sih (ketika masuk ke mata kita?)? Dia ke dinding belakang atau retina, saraf, dan dia pergi ke 'gardu listriknya'. Sinar diubah jadi listrik, dikirim ke otak, balik lagi ke gardu, makanya kita bisa melihat baju warna cokelat, kerudung warna biru," kata Menkes kembali menjelaskan.

Kalau sinar ultraviolet diibaratkan seperti api lalu menyinar kena di gardunya dan membakarnya, manusia tidak bisa lagi mengirim sinyal ke otak. "Kita tidak bisa melihat, mata kita terganggu, ini yang ditakutkan. Lebih baik kita cegah," kata Menkes.

Tags:
kacamata khusus gerhana matahri total, cara melihat gerhana matahari total

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Hati-hati Melihat Gerhana Matahari Total Dengan Kacamata Hitam Biasa