Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

Wow, Ini Buktinya Jika Di Belanda R.A Kartini Juga Terkenal

Wow, Ini Buktinya Jika Di Belanda R.A Kartini Juga Terkenal - Nama RA Kartini ternyata bukan hanya dikenal di Indonesia saja tetapi juga di Belanda. Nama R.A Kartini terkenal di Belanda karena semasa hidupnya Kartini sering mengirimkan surat-surat dan tulisannya ke surat kabar di Belanda. Bahkan, buku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ adalah buku kumpulan surat dari Kartini. Yang membukukan Kumpulan surat titu adalah J.H. Abendanon dengan judul Door Duisternis Tot Licht. Bukan sembarang orang, J.H Abendanon, adalah Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda pada saat itu. Buku pertama kali dicetak pada tahun 1911.

jalan kartini di belanda

Sejak saat itu, pemikiran R.A Kartini dalam memperjuangkan hak-hak wanita pribumi mendunia dan menjadi inspirasi di negeri Belanda dan banyak negara lain. Tak hanya sebatas pengakuan, penghargaan orang Belanda pada sosok Kartini juga ada wujudnya. Disana, meski tidak ada peringatan hari Kartini, tapi ada 4 jalan yang dinamakan sesuai nama Raden Adjeng Kartini. Ingat ya, bukan cuman satu jalan, tapi ada empat!. Berikut ini 4 jalan yang namanya ada kata kartini:

1. R.A Kartinistraat di Utrecht
Di kota Utrecht, nama R.A Kartini menjadi nama jalan Boulevard utama yang berbentuk ‘U’. Jalan Kartini ini juga istimewa karena berukuran lebih besar dari jalan-jalan dengan nama pahlawan dari negeri lain, misalnya jalan Che Guevara.

2. Kartinistraat di Haarlem
Di tempat ini, jalan Raden Adjeng Kartini berdekatan dengan tokoh pahlawan lainnya, yaitu Sutan Sjahrir dan Muhammad Hatta. Jalan Kartini di haarlem juga bersinggungan langsung dengan jalan Chris Soumokil, presiden Republik Maluku Selatan kedua.

3. R.A Kartinistraat di Venlo
Kota Venlo terletak di Belanda bagian selatan, tepatnya di kawasan Hagerhof. DI tempat ini jalan R.A Katinistraat merupakan satu putaran berbentuk ‘O’. Di sekitarnya, terdapat pula jalan-jalan lain yang dinamai dengan tokoh-tokoh wanita dunia yang juga tercatat dalam sejarah, seperti Anne Frank, yang juga dikenal melalui tulisannya di zaman Nazi.

4. R.A Kartinistraat di Amsterdam
Yang paling terkenal, ada juga jalan Raden Adjeng Kartini di ibukota Belanda, Amsterdam. Jalan R.A Kartinistraat terletak di kawasan Zuidoost atau lebih dikenal dengan sebutan Bijlmer. Tak seperti di tempat lain, di sini nama RA Kartini ditulis dengan lengkap. Di sekitar Jalan R.A Kartinistraat berjejer pula nama-nama tokoh wanita lain yang terkenal di dunia seperti Nilda Pinto, salah satu tokoh wanita dari Belanda. Ini menunjukkan bagaimana penghargaan besar Orang Belanda pada sosok Kartini dalam memberikan inspirasi bagi kaum perempuan.

Tags:
bukti ra kartini, kartini di belanda, nama jalan kartini di belanda

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : Wow, Ini Buktinya Jika Di Belanda R.A Kartini Juga Terkenal