Berbagi info berita terbaru, seru, unik, aneh, misteri, religi terbaru

SUBHANALLAH...Inilah Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar, Cara Mendapatkan, Doanya dan Ciri Orang yang Mendapatkannya

Inilah Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar, Cara Mendapatkan, Doanya dan Ciri Orang yang Mendapatkannya - Malam Lailatul Qadar adalah malam istimewa yang paling dinantikan oleh semua muslim, mereka ingin mendapatkan berkah malam Lailatul Qadar. Kali ini akan diulas lengkap tentang apa saja tanda-tanda malam Lailatul Qadar, ciri-ciri malam Lailatul Qadar, keutamaan malam Lailatul Qadarbagaimana cara mendapatkan Lailatul Qadar, apa yang yang harus dilakukan untuk mendapatkan Lailatul Qadar, tanda-tanda seseorang mendapatkan Lailatul Qadar, dan doa malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar adalah satu malam yang khusus terjadi di bulan Ramadan. Ayat al-Qur’an yang pertama dipercayai diturunkan pada malam ini. Malam ini disebut di dalam al-Qur’an dalam surah Al-Qadr, dan diceritakan lebih baik daripada seribu bulan.


Saat pasti berlangsungnya malam ini tidak diketahui namun menurut beberapa hadis, malam ini jatuh pada 10 malam terakhir pada bulan Ramadan, tepatnya pada salah satu malam ganjil yakni malam ke-21, 23, 25, 27 atau ke-29. Malah ada sebagian ulama yang menganggap ia berlaku pada malam genap seperti malam 24 Ramadan. Walau bagaimanapun, antara hikmah malam ini dirahsiakan agar umat Islam rajin beribadat di sepanjang malam khususnya di sepuluh malam yang terakhir. Sebahagian Muslim biasanya berusaha tidak melewatkan malam ini dengan menjaga diri agar berjaga pada malam-malam terakhir Ramadan sambil beribadah sepanjang malam.

10 akhir Ramadhan adalah merupakan di antara malam-malam yang penuh dengan keberkatan dan kelebihan yang tertentu. Malam-malam ini adalah merupakan malam yang ditunggu-tunggu oleh seluruh orang mukmin. Bulan Ramadhan, Al Quran dan malam Lailatulqadar mempunyai hubungan yang rapat antara satu sama lain sebagaimana yang diterangkan di dalam kitab Allah dan hadis Rasulullah s.a.w. di antaranya firman Allah SWT.

Maksudnya: “Sesungguhnya kami menurunkan Al-Quran pada malam Lailatulqadar dan apakah yang menyebabkan engkau mengerti apa itu Lailatulqadar. Lailatulqadar lebih baik daripada 1000 bulan. Pada malam itu, para malaikat dan Jibril turun dengan keizinan daripada Tuhan mereka untuk setiap urusan. Malam ini sejahtera hingga terbit fajar”.

Tanda-tanda malam Lailatul Qadar / Ciri-ciri malam Lailatul Qadar

1. Udara dan suasana pagi terasa sangat tenang
Sebagaimana dari Ibnu Abbas, Rosullulah SAW bersabda. Lailatul Qodar adalah malam yang sangat lembut, tidak begitu panas, tidak begitu dingin dan di pagi harinya pun matahari muncul bersinar sangat lemah kemerah-merahan (HR. Ath Thoyalisi)

2. Cahaya matahari lemah, tapi tidak bersinar pada keesokan harinya
Tanda malam Lailatul Qodar selanjutnya adalah matahari muncul ketika pagi hari tanpa bersinar cukup terang dan berbeda dengan hari-hari sebelumnya. seperti yang tercantum di dalam sabda Rasullulah SAW dimana matahari pada keesokan harinya setelah malam Lailatul Qodar akan menjulang sangat tinggi. namun matahari tersebut tidak akan bersinar mamanasi bumi, melainkan hanya mengeluarkan sinar lembut dan lemah.

3. Terkadang terbawa ke dalam mimpi
Tanda ketiga munculnya malam penuh berkah ini adalah terkadang terbawa ke alam mimpi. Memang sebenarnya hanya sebagian yang merasakan tanda ketiga ini. akan tetapi para sahabat Nabi Muhammad SAW hampir semuanya mendapatkan malam Lailatul Qodar melalui mimpi ketika mereka terlelap tidur.

4. Bulan nampak separuh bulatan
Saat Abu Hurairroh berdiskusi mengenai tanda datangnya malam Lailatul Qodar disamping Nabi Muhammad SAW. Kemudian sang Rasullulah SAW berkata bahwa tanda malam penuh keberkahan ini adalah bulan terlihat separuh nampan atau bulatan.

5. Udara dan angin terasa sangat tenang
Malam Lailatul Qodar di dalam Al-Qur’an digambarkan dengan malam yang penuh berkah dan ketenangan. Semua malam akan sangat berbeda ketika memasuki malam Lailatul Qodar ini. karena saat malam penuh berkah ini suasana tenang, udara terasa sangat sejuk, tidak panas, tidak dingin, tidak hujan dan tidak ada pelemparan bintang (meteor). Bahkan suansana di dalam sebuah anggota keluarga akan sangat terasa nyaman sekali, tidak sama dengan malam-malam sebelumnya di bulan Ramadhan.

6. Datang di hari yang ganjil
Dari HR Bukhari Muslim, Rasullulah pernah bersabda bahwa malam Lailatul Qodar akan jatuh pada hari ganjil dari sepuluh hari bulan Ramadhan yang terakhir. Ini berarti malam Lailatul Qodar akan jatuh satu minggu terakhir di bulan Ramadhan. Misalnya tanggal 21, 23, 25, 27 ramadhan.

Kelebihan / Keutamaan malam Lailatul Qadar

1. Malam waktu diturunkannya Al-Quran
Lailatul Qadar yaitu waktu diturunkannya Alquran, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas berbunyi; "Allah menurunkan Alquran secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah yang ada di langit dunia".

2. Malam penuh keberkahan
Malam Lailatul Qadar yaitu Satu Malam yang penuh keberkahan. Allah Ta’ala berfirman yang berbunyi; "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan". (QS. Ad Dukhon: 3).

3. Malam turunnya Malaikat Jibril
Turunnya Malaikat Jibril pada malam Lailatul Qadar. Lailatul Qadar ditandainya dengan turunnya malaikat. Allah Ta’ala berfirman; "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril". (QS. Al Qadar: 4)

4. Malam lebih baik dari 1000 bulan
Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan, Allah Ta'ala menjelaskan bahwa; "Malam kemuliaan itu lebih baik dariseribu bulan". (QS. Al Qadar: 3). Mujahid, Qotadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah shlat dan amalan pada malam Lailatul Qadar lebih baik dari saalat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat di malam Lailatul Qadar.

5.Malam pencatatan takdir tahunan
Lailatul Qadar sebuah malam pencatatan takdir tahunan. Allah Ta’ala berfirman bahwa; "Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah". (QS. Ad Dukhan: 4).

6. Malam yang disifati dengan Salaam
Lailatul Qadar Disifati dengan 'Salaam'. Allah Ta’ala berfirman: "Malam itu (Lailatul Qadar penuh kesejahteraan sampai terbit fajar". (QS. Al Qadar: 5). Menurut tafsir Ibnu Katsir, malam Lailatul Qadar penuh keselamatan, di mana setan tidak dapat berbuat apa-apa di malam tersebut, mulai dari berbuat jelak atau mengganggu yang lain. Di malam itu banyak yang selamat dari hukuman dan siksa karena mereka melakukan ketaatan pada Allah.

7. Malam penghapusan dosa
 Lailatul Qadar merupakan penghapusan dosa oleh Allah yang dijelaskan Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang berbunyi;
"Barangsiapa melaksanakan salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni". (HR. Bukhari no. 1901).
Jadi Barang siapa yang merindukan Lailatul Qadar setidaknya ia bersungguh-sungguh pada bulan Ramadan.

Cara mendapatkan malam Lailatul Qadar

Bagaimana cara mendapatkan lailatul qadar dan apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar ?. Cara mendapatkan malam Lailatul Qadar, cara agar menemukan malam Lailatul Qadar adalah dengan meningkatkan ibadah di 10 hari terakhir bulan ramadhan, terutama pada tanggal-tanggal ganjil di bulan ramadhan seperti tanggal 21, 23, 25, dan 27. Ibadah yang dimaksud seperti ibadah sholat malam, i'tikaf di masjid, membaca Al-quran dan ibadah lainnya.

Doa malam Lailatul Qadar

Untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar selain meningkatkan ibadah di 10 hari terakhir bulan ramadhan, juga di sunahkan untuk membaca doa malam Lailatul Qadar yaitu:

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ‘ANNII
Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku.

Tanda-tanda Orang yang Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Berikut ini adalah ciri-ciri atau tanda-tanda orang yang mendapatkan berkah/syafaat malam Lailatul Qadar:

1. Dia akan senantiasa berusaha menjadi orang yang terbaik di mata Allah SWT begitu pula dengan sesama manusia. Selalu mengerjakan perintah Allah SWT dan melakukannya dengan cara terbaik di mata Allah SWT.

2. Orang yang berhasil mendapatkan Lailatul Qadar akan selalu merasa kurang khususnya dalam soal beribadah. Selain ibadah wajib yakni sholat lima waktu, ia juga tidak pernah meninggalkan ibadah sunnah seperti tahajud dan tarawih.

3. Dalam kehidupan sehari-hari baik dengan atasan maupun bawahan, ia selalu menjadi orang yang rendah hati dan bersikap sewajarnya saja. Tidak merasa sombong dan angkuh khususnya kepada sesama manusia.

4. Orang yang mendapatkan lailatul qadar akan terlihat lebih bersinar wajahnya dan enak untuk dipandang. Namun tanda-tanda ini juga hanya bisa dirasakan dan dilihat oleh orang-orang yang senantiasa selalu dekat kepada Allah SWT.

5. Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar, akan melihat seluruh benda dan makhluk di muka bumi bersujud kepada Allah SWT.

6. Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar, akan melihat semua orang terang benderang dalam kegelapan malam.

7. Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar, akan mendengar salam malaikat dan semua tutur katanya. 

8. Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan dikabulkan doa-doanya 

Demikianlah ulasan lengkap tentang tentang tanda-tanda malam Lailatul Qadar dan cara mendapatkan malam Lailatul Qadar. Semoga artikel diatas bisa menambah pengetahuan islam Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Kategori:

ARTIKEL TERKAIT : SUBHANALLAH...Inilah Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar, Cara Mendapatkan, Doanya dan Ciri Orang yang Mendapatkannya